Pariwara
Buton Tengah

BPBD Buton Tengah Terima Bantuan Kapal Rescue

Bupati Buteng, H. Samahuddin (tengah) syukuran usai menerima bantuan kapal rescue dari BNPB.

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buton Tengah (Buteng) menerima bantuan satu unit kapal jenis speed manta. Kapal rescue (penyelamat) tersebut dapat digunakan dalam cuaca buruk dengan ketinggian ombak hingga dua meter. Armada tersebut diperoleh melalui bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), karena sebagian besar wilayah Buteng adalah kawasan pesisir.

Plt. Kepala BPBD Buteng, Muhammad Yusuf, mengatakan, untuk kondisi normal kapal tersebut berkapasitas delapan hingga sepuluh orang. Namun jika digunakan dalam kondisi darurat, maka bisa memuat sampai 25 orang. Pasalnya kapal itu memiliki panjang 8,5 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 2,5 meter. “Kapal ini juga didukung dengan mesin ganda. Setiap satu unit mesin berkapasitas 150 PK. Sebenarnya kami minta dua unit tapi yang dipenuhi baru satu. Insyaallah satu tambahan lainnya akan diterima pada akhir tahun nanti,” ungkapnya.

Bantuan satu unit kapal tersebut, memanfaatkan anggaran senilai Rp 2,4 miliar yang diserahkan dalam bentuk hibah satu unit kapal rescue. Kapal itu diperoleh karena komunikasi yang terjalin baik antara Pemkab Buteng dengan BNPB. “Bahkan tenaga yang mengoperasikan juga juga dilatih secara khusus sebelum bantuan diserahkan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Buteng, H. Samahuddin, mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan BPBD. Usaha tersebut sangat menguntungkan daerah. Seharusnya hal tersebut bisa memotivasi SKPD lainnya untuk lebih mengandalkan APBN daripada APBD dalam mendorong kemajuan daerah. “Pada kesempatan ini saya meminta agar semua pimpinan SKPD dalam lingkup Pemkab Buteng cepat tanggap untuk mendapat bantuan pemerintah pusat. Apalagi pusat sangat mendukung kegiatan pembangunan daerah, yang penting didukung data dan niat tulus,” tutupnya. (b/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top