80 Persen Bangunan di Konawe Tanpa IMB – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe

80 Persen Bangunan di Konawe Tanpa IMB

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat yang belum memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) sebaiknya segera ke kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpusat Satu Pintu (DPM-PTSP) Konawe untuk menuntaskan kewajiban tersebut. Sebab perintah kabupaten (Pemkab) berjanji memberikan kemudahan bagi pengurusan bangunan yang berusia 2017 ke bawah, supaya mendapatkan IMB.

Kepala DPM-PTSP Konawe, H. Burhan, mengungkapkan, pihaknya hendak memacu kesadaran masyarakat untuk mengurus IMB. Sebab pendapatan daerah dari sektor retribusi sudah dibatasi, seperti izin gangguan sudah tidak ada lagi. Makanya, pendapatan dari IMB harus dimaksimalkan. “Namun, kesadaran masyarakat untuk mengurus IMB masih sangat minim, sehingga awal tahun ini akan dilakukan sosialisasi dan keringanan hingga pemutihan. Untuk bangunan yang berusia 2010 ke bawah pemutihan 50 persen, bangunan 2017 sampai 2010 pemutihan 20 persen, sedangkan bangunan baru akan dipermudah prosesnya,” jelasnya, Jumat (12/1).

Burhan mengungkapkan, 80 persen bangunan di Konawe, mulai dari perkotaan sampai pedesaan, belum mempunyai IMB. Menurutnya, hal itu karena masyarakat belum memahami tentang pentingnya IMB. “Padahal izin itu menjadi legalitas pemerintah pada pemilik bangunan, sehingga haknya dilindungi negara. Misalnya apabila bangunannya terkena dampak pelebaran jalan atau fasilitas umum, akan diberikan ganti rugi. Kemudian dijamin konstruksinya, sehingga bila terjadi hal tak diinginkan seperti bencana alam, maka pemerintah akan memberikan kompensasi. Selain itu, IMB juga mengatur ketertiban garis jalan. Sehingga semua bangunan rumah atau Ruko bisa tertata rapi,” terangnya. Sekadar tambahan, jumlah IMB yang diterbitkan oleh dinas perizinan hingga 2016 lalu sebanyak 456 izin, dengan rincian pada tahun 2014 sebanyak 128 dokumen, tahun 2015 123 izin dan 207 di tahun 2016. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top