Pariwara
Konawe Selatan

24 Pejabat Eselon II Konsel Uji Kompetensi

Suasana uji kompetensi 24 pemangku eselon II B lingkup Pemkab Konawe Selatan (Konsel).

KENDARIPOS.CO.ID — 24 pemangku eselon II B lingkup Pemkab Konawe Selatan (Konsel) mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD). Dalam kegiatan tersebut Pemkab bekerja sama dengan Pusat Layanan Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM ) sebagai tim asesor.

Uji Kompetensi dibuka langsung Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konsel, H. Sjarif Sajang, mewakili Bupati, H. Surunuddin Dangga. Dalam sambutannya, Sjarif mengatakan pelaksanaan ujian tersebut merupakan salah satu langkah untuk mendapatkan calon pejabat berdaya saing yang memiliki kecerdasan intelektual dan kemampuan manajerial yang baik.

“Sebagaimana yang saya sampaikan sebelumnya, kita akan melakukan job fit di masing-masing SKPD. Ini di luar dari 12 dinas yang ikut seleksi sebelumnya,” ungkapnya, Jumat (12/1). Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan amanah UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, Perpres nomor 11 tahun 2017 pasal 132 ayat (1) dan ayat (2) terkait manajemen ASN, serta Permen Pendayagunaan ASN dan Reformasi Birokrasi nomor 13 tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama yang harus melalui penilaian kompetensi manajerial. “Sehingga hari ini Pemkab melaksanakan uji kompetensi yang akan berlangsung selama empat hari,” urai Sjarif.

Dari hasil asesmen tersebut pihaknya akan melihat posisi apa yang cocok untuk penempatan, serta sesuai potensi diri dari hasil kinerja pejabat tersebut. “Masih ada tahapan-tahapan lain harus dilalui yang bertujuan untuk mewujudkan good governance Pemkab Konsel,” ujarnya. Mantan Kadis Perhubungan Kota Kendari ini juga berpesan pada para peserta agar mengikuti asesmen dengan serius dan seksama. “Karena saudara sekalian merupakan top manager yang akan menjadi teladan dan pengambil keputusan tepat yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. Jadi harus memiliki skill yang berkualitas, disiplin, patuh, loyal serta berdedikasi dan berintegritas tinggi,” tuturnya.

Setelah asesmen tersebut, mereka akan dilantik bersamaan dengan sejumlah pejabat yang ikut seleksi pada 12 dinas beberapa waktu lalu. “Paling lambat akhir Januari 2018. Karena anggaran baru harus dijalankan. Jadi saya tekankan lagi, tidak ada mutasi ya. Tapi kemungkinan pergeseran dan bisa jadi juga tetap pada jabatan semula,” tandasnya.

Kepala Bidang Pengembangan dan Informasi BKPPD Konsel, Besse Asis, menyampaikan, dasar pelaksanaan kegiatan ini, sesuai surat Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tentang rekomendasi rotasi atau mutasi jabatan tinggi pratama lingkup Pemkab Konsel dari 25 satuan kerja perangkat daerah. “Jumlah pesertanya 24 orang yang terdiri dari jabatan inspektorat, staf ahli, asisten, kepala dinas, kepala badan dan sekretaris DPRD,” urainya. Sementara itu, Tim Asesor, Rahmawati Madjid, S.Psi, mengatakan dalam uji kompetensi itu ada lima metode yang dilakukan. “Yakni psikometri, problem analysis, critical incident, leaderless group discussion dan indepth interview,” tambahnya. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top