Pariwara
Hukum & Kriminal

Soal Dana Desa, Warga Labengki Laporkan Oknum Kades ke Polisi

ILUSTRASI

KENDARIPOS.CO.ID — Warga yang tergabung dalam Forum Masyarakat Labengki (FML) menduga dana desa (DD) di Desa Labengki salah urus. Mereka sudah mengaku ke anggota DPRD Konut namun tak ada realisasi penyelesaian sehingga memilih melapor ke polisi.

Penyidik unit tindak pidana korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Konawe menerima aduan masyarakat tentang dugaan penyelewengan dana desa (DD) oleh oknum kepala desa (Kades) Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Konawe Utara (Konut). Dalam aduan tersebut, sang kades disangka salah urus DD tahun anggaran 2015-2017.

Ketua Forum Masyarakat Labengki, Abdul Safar yang didampingi beberapa orang warga Desa Labengki mengatakan bahwa mereka pernah melaporkan persoalan tersebut kepada anggota DPRD Konut secara lisan pada 11 November 2017. Saat itu, Komisi I DPRD Konut langsung turun ke lapangan, dan mereka menemukan beberapa bukti yang dilaporkan masyarakat Labengki. “Belum ada realisasi dari hasil kunjungan dewan tersebut. Untuk itu, kami dari Forum Masyarakat Labengki membawa persoalan ini ke polisi supaya diusut tuntas dan DD tidak digunakan untuk kepentingan individu,” ujar Abdul Safar, Jumat (12/1).

Lanjut dia, mereka juga telah lama menunggu rekomendasi DPRD supaya disampaikan ke Bupati Konut untuk mengganti oknum Kades tersebut. Tetapi belum ada kejelasan, sehingga terpaksa membawa temuan mereka ke jalur hukum supaya ditindak lanjuti. Setelah mengadukan oknum kades Labengki, Abdul Safar menyerahkan beberapa bukti tambahan kepada penyidik soal pembuatan talud pemecah ombak yang dibangun di bawah rumah masyarakat. Talud itu tidak sesuai perencanaan, termasuk data lain yang menguatkan aduan mereka.

Sementara itu, Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar melalui Kasat Reskrim, Iptu Rachmat Zam Zam mengatakan telah menerima aduan masyarakat dan segera menindaklanjutinya. “Kita sudah terima, tapi masih sebatas aduan. Saat ini penyidik masih mengumpulkan bukti supaya bisa diproses,” ujar Iptu Rachmat Zam Zam, kemarin. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top