Pariwara
Metro Kendari

Senin, Seluruh PNS Kota Kendari Bisa Gajian

Susanti

KENDARIPOS.CO.ID — Jika bulan-bulan lain aparatur sipil negara (ASN) menerima hak mereka setiap tanggal 1 atau paling lambat pekan pertama awal bulan berjalan, beda halnya dengan bulan Januari 2018 ini. Abdi negara itu baru akan menerima notifikasi adanya transferan gaji melalui SMS banking pada pertengahan bulan. Ada banyak alasan mengapa pencairan hak ASN itu selalu molor dari waktu biasa.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari, Susanti memprediksi Senin (15/1) nanti, semua PNS lingkup Pemkot sudah bisa menerima haknya. Itu setelah K4 (Kartu Permohonan Penambahan Penghasilan PNS) dan DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dinyatakan lengkap. “BPKAD sudah bisa gajian sore ini (kemarin, red) karena saya sudah periksa, bukan hanya BPKAD banyaklah yang bisa gajian hari Jumat ini,” ujar Susanti di ruang kerjanya, Jumat (12/1).

Susanti mengatakan sudah lumrah jika ASN telat gajian pada bulan Januari. Beberapa proses pembaruan administrasi harus dilakukan sebelum mentransfer gaji ke rekening pegawai. “Ini awal tahun, memang biasa terlambat. Kenapa ? Karena kita harus teliti dulu K4-nya (Kartu Permohonan Penambahan Penghasilan PNS) dan DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran). Setiap tahun ini pasti berubah,” tambah Susanti. Dia mencontohkan, ada ASN yang baru saja menikah atau baru bercerai. Semua itu akan berpengaruh pada besaran tunjangannya asal dilengkapi dengan dokumen resmi. “Harus dilengkapi dengan buku nikah atau akta cerai,” tambah Susanti.

Jika pemeriksaan KP4 dan DPA itu tuntas maka BPKAD akan mencairkan gaji berdasarkan surat keputusan bendahara dan Surat Perintah Membayarkan (SPM) dari masing-masing SKPD. Sejumlah SKPD kata Susanti sudah dinyatakan lengkap. Sehingga sudah bisa gajian sejak Jumat (12/1/2017). Bukan hanya di Pemkot Kendari, pegawai Pemprov Sultra juga sudah dicairkan gajinya. “Pegawai sudah gajian,” ujar Kepala BPKAD Provinsi Sultra, Hj. Isma, kemarin. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top