Ratusan Kayu Tanpa Dokumen Diamankan Polda Sultra, Polisi Tahan 2 Pelaku – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Ratusan Kayu Tanpa Dokumen Diamankan Polda Sultra, Polisi Tahan 2 Pelaku

Ilustrasi kayu tangkapan.

KENDARIPOS.CO.IDSultra ini sangat kaya akan sumber daya alam. Tak hanya punya nikel dan emas, hutan-hutan di Sultra menjadi surga bagi para pebisnis kayu. Hutan-hutan di rambah secara ilegal. Buktinya, Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra menggagalkan upaya penyelundupan kayu ke Makassar, Sulsel dan menangkap 2 pelaku illegal logging. Sekira 170 batang kayu jenis rimba campuran asal Kabupaten Konawe Utara (Konut) diamankan bersama 1unit truk pengangkut kayu. Sopir truk bernama Risman dan pemilik kayu, Udin Cino tak mampu menunjukkan dokumen kayu.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh mengatakan Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra menerima informasi dari masyarakat bahwa sebuah truk puso terparkir di jalan Desa Laronaha, Kecamatan Oheo tengah memuat kayu. Setelah di cek, benar saja kayu-kayu tersebut tak memiliki kelengkapan dokumen.

Kayu tanpa dokumen itu sudah diamankan di Mapolda Sultra. Kompol Dolfi menyebutkan sopir truk Risman dan pemilik kayu, Udin Cino sudah ditetapkan tersangka dan ditahan setelah menjalani pemeriksaan. Kompol Dolfi menuturkan pengakuan tersangka, kayu-kayu itu sedianya akan dibawa ke Makassar, Sulsel. “Ini sudah sering dilakukan pelakunamun baru terungkap,” ujar Kompol Dolfi Kumaseh, Jumat (12/1/2017).

Sementara itu, Kasubdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra, AKBP Didik Erfianto menyebutkan para pelaku sudah menjalani pemeriksaan dan penyidik sudah melakukan gelar perkara. Kayu tersebut diambil dari kawasan hutan di Kecamatan Oheo. Itu diketahui pula sesuai hasil dari proses lacak balak yang dilakukan. “Kami sudah tahan kedua pelaku,” ujarnya. Kedua pelaku dijerat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hutan. (ade/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top