Pariwara
Politik

Seleksi PPL di Kolaka Timur, 49 Calon Gugur

Rusnyati Nur Ratibe

KENDARIPOS.CO.ID — Seleksi perekrutan panitia pengawas lapangan (PPL) Kolaka Timur (Koltim) telah memasuki tahap wawancara. Dari 282 pendaftar, hanya 233 diantaranya berhak maju tahapan berikutnya. Jumlah ini kembali akan mengerucut. Pasalnya, jumlah PPL yang akan direkrut mengawasi pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra ini hanya sebanyak 133 orang.

Ketua panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Koltim, Rusnyati Nur Ratibe mengatakan pendaftaran PPL di buka secara bersamaan di 12 kecamatan. Berdasarkan seleksi pemberkasan, 49 calon PPL dinyatakan gugur. Sementara mereka yang dinyatakan lulus akan mengikuti tahap wawancara yang dimulai tanggal 11 Januari (kemarin). Setelah tahapan ini rampung, panitia pengawas kecamatan (Panwascam) akan melakukan pleno calon PPL yang memenuhi syarat. “Sesuai agenda, kita akan lantik secara massal tanggal 18 januari 2018. Insya Allah, mulai tanggal 20 januari, mereka sudah mulai bekerja mengawasi pemutakhiran data pemilih,” kata Rusnyati saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/1).

Menurutnya, PPL akan ditugaskan mengawasi tahapan di desa dan kelurahan. Nantinya, mereka juga akan membantu Panwascam dan Panwaslu mengawasi jalannya Pilgub 2018 mendatang. Sejauh ini, proses perekrutan PPL yang dilakukan Panwascam berjalan sesuai ketentuan sebagaimana arahan Panwaslu Koltim.

Komisioner Panwaslu dua priode itu berharap PPL yang lulus seleksi memiliki integritas yang tinggi terutama dalam menjalankan amanah dan tanggungjawab. Untuk itulah, ia meminta Panwascam bekerja keras dalam melakukan seleksi mulai dari tahapan penyotaran berkas, tes wawancara hingga penetapan PPL. “Panwascam harus memastikan seleksi PPL berjalan sesuai prosedur. Jauhi kepentingan individu, keluarga atau kelompok. Pada intinya, Panwaslu akan turun memantau sejauh mana mekanisme yang diterapkan dalam menyeleksi calon PPL” tandasnya. (b/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top