Space Iklan
Pariwara
Politik

KPU Kolut Tambah 25 Petugas Data Pemilih

KENDARIPOS.CO.ID — Menghadapi pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Utara (Kolut) telah melakukan penambahan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) guna melengkapi kekurangan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) sebelumnya. Sebanyak 25 orang kembali direkrut dan sudah diberikan Surat Keputusan (SK) sebagai petugas resmi yang siap bekerja melakukan pendataan.

Ketua KPU Kolut, Asriadi Budiwan mengatakan penambahan 25 PPDP tersebut sebagaimana regulasi baru yang diinstruksikan KPU pusat. Yang mana, jika dalam satu TPS wajib pilih di atas 400 orang maka PPDP minimal harus 2 orang. Dari 340 TPS di Kolut, sebanyak 25 TPS yang pemilihnya di atas 400 orang. Atas dasar itu, KPU menambah masing-masing satu PPDP perTPS untuk menggenapi kekurangan.

Perekrutannya dilakukan langsung disampaikan kepada para PPS setempat yang kekurangan PPDP. Sudah dilakukan konfirmasinya, semua sudah rampung dan sudah di SK-kan,” ujarnya pada Kendari Pos, Kamis (11/1). Setelah melakukan perekrutan, pada tanggal 20 mendatang para PPDP akan diberikan bimbingan teknis (bintek) mengenai tugasnya dalam melakukan pemuktahiran data di lapangan. Saat ini, pihaknya tinggal menunggu buku panduan atau modul dari KPU Sultra yang akan mereka bekalkan kepada para PPDP.

Dalam melakukan pendataan, PPDP tidak boleh menerka-nerka. Mereka harus turun door to door ke rumah-rumah warga. Untuk memastikan hal itu, PPS maupun panwas lapangan akan melakukan pengawasan maupun mendampingi langsung para PPDP dalam melakukan pendataan. Jika ada data yang tidak lagi sesuai atau ada yang belum terdaftar bisa dilakukan perbaikan. Pendataan yang biasa disebut coklit itu berlangsung mulai 20 Januari-18 Februari. Hasil kerja PPDP ini akan menjadi cikal bakal Daftar Pemilih Sementara (DPS). “PPS akan menginput PDS tersebut ke sistem informasi data pemilih (Sidalih) hingga akhirnya menjadi Daftar Pemilih Tetap,” pungkasnya. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top