Pariwara
Metro Kendari

Kadishub Sultra : Terminal Tipe B Terintegrasi Tol Laut

Hado Hasina

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2019 akan menjadi momentum pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat bagi masyarakat Sultra. Pasalnya, jalur tol laut yang digagas pemerintah pusat segera dioperasikan. Sejumlah pelabuhan penunjang pun mulai disiapkan. Mulai dari pelabuhan Kendari New Port di Bungkutoko, hingga pelabuhan pendukung di 16 kabupaten dan kota di Sultra.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra, Hado Hasina mengungkapkan selain pelabuhan utama, sejumlah pelabuhan penyeberangan telah dilengkapi dengan terminal angkutan daratnya. Misalnya pelabuhan Amolengo, pelabuhan Labuan Bajo, Wamengkoli dan beberapa lainnya. “Kalau ini semua terintegrasi, mobilisasi barang akan lancar, jaraknya dekat dan cost yang dikeluarkan lebih murah,” ujar Hado Hasina, Kamis (11/1).

Lebih lanjut kata Hado Hasina, sejumlah kabupaten dan kota di Sultra telah menyerahkan terminal tipe B untuk direhabilitasi dan dikelola bersama dengan Dishub Provinsi. “Contoh di Baubau, kita sudah bebaskan lahan tanpa dana pemerintah untuk pembangunan terminal itu. Sengaja dibikin dipinggir laut biar bisa terintergrasi dengan pelabuhan, karena 2019 ini sudah jalan ini tol laut,” jelasnya.

Pengelolaannya tidak akan dimonopoli oleh pemerintah. Pengembangan setiap pelabuhan penyeberangan bisa dikomersialkan namun harus berbasis masyarakat. “Artinya apa, tenaga bisa kita pakai masyarakat di sekitarnya atau bisa juga swasta. Intinya pemerintah tidak boleh monopoli, biar ekonomi masyarakat lebih hidup,” ungkap Hado Hasina. Disimpulkan Hado, semua terminal tipe B di Sultra akan terintegrasi dengan tol laut. Sehingga akses masyarakat lebih mudah dan lancar. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top