Pariwara
Metro Kendari

37.355 Warga Kendari Belum Rekam Data KTP-el

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak ada lagi alasan bagi oknum pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk tidak melayani warga mengurus Kartu Tanda penduduk (KTP) elektronik. Sebab, hingga saat ini masih tersedia 4 ribu blangko KTP-el di dinas tersebut. Sayangnya, kesadaran warga untuk mengurus data kependudukan masih rendah. Indikatornya masih banyak warga Kota Kendari yang belum memiliki KTP-el.

Kepala Disdukcapil Kota Kendari, H. Halili mengatakan berdasarkan data yang dimilikinya, masih ada sekira 37.355 orang yang data dirinya belum tercatat alias belum rekam data. Data tersebut tersebar di seluruh kelurahan yang ada di Kota Kendari. Padahal, data wajib KTP Kota Kendari sebanyak 235.369 orang. Sementara yang baru terdaftar resmi baru sebanyak 198.014 orang.

“Jadi yang belum merekam sampai saat ini, ada 37.355 orang. Kembali ke masyarakat sendiri, karena kami hanya terima laporan. Tapi kami selalu himbau. Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, para camat dan lurah kita jalan bersama supaya penduduk sadar. Jangan nanti sudah ada urusan, baru mereka datang ke Disdukcapil. Itu kan repot,” ungkap Halili.

Halili menyesalkan masih adanya warga yang malas melakukan perekaman data penduduk. Padahal, pelayanan setiap saat berjalan normal. Katanya, minimal 300 orang yang dilayani setiap hari di Disdukcapil. Namun yang jadi masalah, masih banyak penduduk yang belum paham soal pentingnya data kependudukan.

Halili meminta warga datang ke kantor Disdukcapil melakukan perekaman data penduduk sebagai salah satu syarat mendapatkan KTP-el. Pasalnya, hingga saat ini, masih ada warga yang belum memiliki KTP-el bahkan sama sekali belum melakukan perekaman data. “Tidak usah ragu, tidak ada kekurangan blangko. Siapapun yang katakan di Disducakpil tidak ada blangko, itu sudah pembohongan. Saya itu tiap saat komunikasi dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendari. Saya harus berangkat ke sana kalau blangko tersisa 500 atau 1.000,” ujar Halili di ruang kerjanya, Kamis (11/1).

Menurut Halili, Desember tahun lalu, dia dijatah sekira 6.000 blangko. Kini, tersisa 4.000 lebih blangko tersedia di instansinya. Karenanya ia menjamin, tidak akan kekurangan ketika ada warga yang datang mengurus KTP-el. Sebab, dia selalu koordinasi dengan pusat untuk mengantisipasi kekurangan tersebut.

Halili berharap, warga yang belum memiliki KTP-el dan belum melakukan perekaman data penduduk, mau meluangkan waktu mengurus ke instansinya. Sebab, ketersediaan blangko sangat banyak. Kembali soal jika ada oknum pegawai yang menyembunyikan blangko pengurusan KTP-el, Halili mengatakan tak henti-henti mengingatkan stafnya untuk tidak berlaku curang. Bahkan, ia meminta masyarakat agar menuliskan nama oknum yang berniat melakukan pungli. Halili berjanji akan menindak tegas oknum stafnya.

Bagaimana mengenai Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) di Kota Kendari jelang Pilgub Sultra ? Menurut Halili, data yang ada sesuai laporan dari Kemendagri bahwa 2 kali pelaporan terkait data penduduk dan wajib pilih. Terakhir, lanjut dia, penduduk Kota Kendari pada semester I , Juni 2017 sebanyak 334.335 orang dan sekira 235.369 orang terdata sebagai wajib KTP. “Bukan kami yang keluarkan data. Data by name by address itu dikeluarkan oleh Kemendagri. Mereka yang mengirimkan ke kami, lalu kami cocokkan jika ada kesalahan,” tandasnya. (ind/b)

Sadar KTP-el Rendah

-Wajib KTP-el Kota Kendari 235.369 orang
-Terdaftar resmi sekira 198.014 orang
-Masih sekira 37.355 warga belum tercatat alias belum rekam data
-Diberi 6.000 blangko oleh Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil -Kini, tersisa 4.000 lebih blangko
-Kepala Disdukcapil siap tindak oknum staf yang sembunyikan blangko

Sumber : Disdukcapil Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top