Pariwara
HEADLINE NEWS

15 Bapaslon Berebut Tahta, Kapolda Sultra : Mari Wujudkan Pilkada Damai

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto (tengah) turun langsung di lapangan memantau proses pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur di kantor KPU Sultra, mulai Senin (8/1) hingga Rabu (10/1).

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan pendaftaran pemilihan kepala daerah telah tuntas. Berdasarkan catatan Komisi Pemilihan Umum (KPU), ada 15 bapaslon yang siap berebut tahta. Rinciannya, tiga pasangan di pemilihan gubernur (pilgub) Sultra, empat di pilbup Konawe, enam di pilwali Baubau dan dua pasangan di pilbup Kolaka. Dari jumlah itu, tiga pasangan diantaranya maju lewat jalur perseorangan. Mereka adalah Muliati Saiman- Mansur di Konawe, Ibrahim Marsela-AKBP Ilyas dan Nursalam-Nurman Dani di pilwali Baubau. Mereka semua sudah mendaftar di KPUD masing-masing. Ketua KPU Sultra, Hidayatullah membenarkan hal itu.

“Untuk bapaslon yang lewat jalur parpol sudah diverifikasi dan semua memenuhi syarat pencalonan. Sedangkan jalur perseorangan masih kurang dan harus menambah dua kali lipat dari kekurangan itu,” ungkap Hidayatullah saat ditemui usai rakor bersama KPU kabupaten/kota di salah satu hotel di Kendari, Kamis (11/1).

Dia menambahkan, 15 bapaslon harus juga memenuhi syarat calon. Diantaranya adalah tes bebas narkoba atau tes urine di BNNP Sultra, tes kesehatan di RSUD Bahteramas dan tes psikologi yang digelar HIMPSI. “Saat ini tes bebas narkoba (sudah selesai kemarin). Untuk tes kesehatan di RSUD Bahteramas sampai 13 Januari 2018,” terangnya. Rencananya, tes psikologi akan digelar 14 Januari. “Nanti kalau sudah memenuhi syarat pencalonan dan syarat calon, baru ditetapkan sebagai peserta pilkada serentak 2018 (berstatus pasangan calon),” jelasnya. (detail jumlah calon lihat grafis).

Dari aspek keamanan, tahapan pendaftaran bakal calon kepala daerah di Sultra berlangsung kondusif. Selama tiga hari pelaksanaan, mulai Senin (8/1) hingga Rabu (10/1), tak ada riak-riak berarti di lapangan. Meski semua kendidat mengerahkan ratusan bahkan sampai seribuan orang saat mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU), semua tetap tertib. Kesuksesan itu tak lepas dari peran Kepolisian Daerah (Polda) Sultra dalam mengawal pengamanan.

Bahkan, untuk memastikan proses pendaftaran pilkada terkendali, Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto turun langsung ke lapangan. Dia mengecek seluruh personel dan tak lupa memberikan motivasi, supaya maksimal dalam melakukan pengamanan. “Alhamdulillah, pelaksanaan operasi Mantap Praja Anoa 2018, dalam rangka Pam Pilkada serentak di wilayah hukum Polda Sultra pada tahapan pendaftaran pasangan calon berjalan lancar dan kondusif.

Semua ini berkat kerja sama yang baik diantara kita,” ungkap Brigjen Pol Andap, kemarin (11/1).

Pria murah senyum yang belum lama ini dinobatkan sebagai Tokoh Kamtibmas dan Inovasi Pelayanan Masyarakat, mengakui kalau kesuksesan mengawal pelaksanaan pendaftaran paslon di pilkada juga berkat dukungan pihak TNI serta stake holder terkait. Termasuk dukungan seluruh masyarakat Sultra dan media, khususnya Kendari Pos. “Saya harap kerja sama ini bisa terus terjalin (dalam menjaga kamtibmas), sampai pelaksanaan pilkada serentak tuntas. Mari bersama wujudkan pilkada kondusif,” ungkapnya.

Andap menambahkan, setelah pendaftaran, pihaknya juga mengawal proses tahapan selanjutnya. Seperti tes urine yang dipusatkan di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra, tes kesehatan di RS Bahteramas dan nantinya tes psikologi di salah satu hotel di Kota Kendari. “Kami ingin pastikan, semua proses itu berjalan dengan baik. Sejauh ini, semua terkendali dan berjalan lancar,” jelasnya. Sesuai jadwal KPU proses pemeriksaan Rikkes ( Medik, Fisik dan Psikiatri) akan dilanjutkan hingga 15 Januari 2018.

Saat ini sudah tuntas tes urine dan kesehatan, nanti dilanjutkan tes psikitri (kejiwaan) pada Minggu (14/1). Selanjutnya, Selasa (16/1) tim akan sampaikan hasilnya. “Apapun keputusan dokter, hasilnya dinyatakan final (tidak dapat dilakukan pemeriksaan ulang),” terangnya. Tahap selanjutnya yang butuh pengamanan serius adalah pada 13 Februari 2018. Saat itu KPU akan rapat pleno penetapan calon gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota. “Nanti 14 Februari, KPU akan menggelar pengundian nomor urut,” bebernya.

Untuk diketahui, dalam pilkada serentak ini, selain pilgub Sultra juga diikuti tiga daerah pilkada. Yakni, pilkada Konawe, pilkada Kolaka dan pilwali Baubau. Khusus proses pendaftaran pilgub, Brigjen Pol Andap turun langsung pantau di lapangan. Sementara untuk tiga daerah lain, dipantau lewat Kapolres masing-masing. “Prinsipnya semua berlangsung kondusif. Saya harap, semua akan terus seperti ini sampai pilkada usai,” imbuhnya. Beberapa kandidat memang sudah menyatakan kesiapannya untuk maju bertarung di pilkada. Ir Asrun misalnya, (b/wan/ade/ing)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top