Pariwara
Metro Kendari

Tuntas Jalani Tes Kesehatan, Asrun : Cukup Melelahkan, Biar Leher di USG

Asrun saat menjalani tes kesehatan di RS Bahteramas.

KENDARIPOS.CO.ID — Perjuangan Asrun-Hugua menuju kursi gubernur dan wakil gubernur Sultra masih terus berlanjut. Setelah dinyatakan lolos syarat pencalonan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), keduanya masih harus melewati serangkaian tes yang menjadi syarat calon. Ada tiga tes yang harus dilewati, mulai tes urine (bebas narkoba), tes kesehatan dan tes kejiwaan (psikologi). Rabu (10/1), keduanya mengikuti tes kesehatan dan kejiwaan di RS Bahteramas Sultra. Ir Asrun sangat optimis bisa lolos semua tes tersebut. “Kami menjalani tes kesehatan dengan sangat baik,” ujar Asrun usai tes kesehatan.

Asrun merupakan kandidat yang paling awal ikut tes kesehatan. Makanya, dirinya sangat bersyukur karena datang lebih awal, sehingga bisa cepat selesai menjalani berbagai rangkaian pemeriksaan kesehatan yang baginya sangat banyak dan melelahkan itu. “Alhamdulillah saya bersyukur bisa datang lebih cepat. Saya sudah menyelesaikan semua tahapan pemeriksaan yang sudah ditentukan,” kata mantan Wali Kota Kendari dua periode ini.

Ia mengaku bahwa dalam tes pemeriksaan kesehatan itu sangat melelahkan. Pasalnya, lebih dari 10 rangkaian tes yang harus dia jalani. “Kayaknya lebih banyak yang diperiksa dibanding saat menjadi calon wali kota dulu. Nanti tanya dokter, bagaimana hasilnya. Soalnya ini, biar leher di USG,” ucapnya berkelakar.

Tak hanya Asrun-Hugua, bakal calon bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa serta wakilnya Guslin Topan Sabara dan bakal calon bupati Kolaka Asmani Arif bersama wakilnya Syahrul Beddu juga ikut tes kesehatan. Mereka juga optimis bisa melewati rangkaian tes tersebut. Direktur RSUD Bahteramas, Yusuf Hamra menjelaskan, RSUD yang dipimpinnya diberikan amanah untuk memeriksa kesehatan semua kandidat kepala daerah, baik yang maju pilgub termasuk tiga daerah pilkada lainnya. Kata dia, untuk memastikan pemeriksaan kesehatan berjalan normal dan lancar, sebanyak 70 dokter spesialis dikerahkan yang berlisensi dari IDI Sultra. Hingga hari kedua, sebanyak 6 kandidat yang memeriksakan kesehatannya, sebagai syarat calon.

“Yang sudah pemeriksaan, ada 6 kandidat. Mereka adalah Asrun-Hugua, Kery-Guslin dan Asmani-Syahrul Beddu,” jelasnya disela-sela memantau pemeriksaan kesehatan di RSUD Bahteramas. Setiap dokter spesialis itu juga didampingi oleh masing-masing ada pendamping dokter untuk memudahkan dan mempercepat proses pemeriksaan. Kata dia, pemeriksaan kesehatan meliputi 13 item pemeriksaan. Diantaranya, adalah pemeriksaan mata, telinga, hidung dan tenggorokan (THT), gigi, jantung dan radiologi dan lainnya. “Pemeriksaan mulai 9 hingga 14 Januari di setiap jam kerja,” terangnya.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah menjelaskan, syarat pencalonan seluruh kandidat gubernur terpenuhi. Selanjutnya, mereka harus menjalani serangkaian tes yang menjadi syarat calon. Dimulai dengan tes urine (bebas narkoba), tes kesehatan dan tes psikologi. Sesuai jadwal tes urine dari 8-11 Januari 2018. Kemudian, pemeriksaan kesehatan hingga 15 Januari 2018. Sedangkan tes psikologi 14 Januari 2018.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu menjelaskan, dalam proses pendaftaran maupun tes pihaknya selalu melakukan pengawasan. Bahkan, mewanti agar semua sesuai UU, termasuk tim verifikasi harus independen. Hasil pengawasan sejauh ini tidak ada masalah. “Masih ada tes bebas narkoba (urine) dan tes kesehatan serta tes psikologi. Makanya kami terus mengawasi. Karena jangan sampai ada yang menyalahi aturan,” tandasnya. (b/wan/ing)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top