Maju di Pilkada Konawe, Kepala BPD Sultra Pensiun Dini – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Maju di Pilkada Konawe, Kepala BPD Sultra Pensiun Dini

Irawan Laliasa

KENDARIPOS.CO.ID — Sebentar lagi, kursi Kepala Badan Pendapatan Daerah (BPD) Sultra bakal lowong. Kepala BPD Sultra, Irawan Laliasa akan hengkang dan meninggalkan “kursi empuk” yang selama ini ia tempati. Irawan memilih menanggalkan status dan seragam Aparatur Sipil Negara (ASN) demi tampil di kontestasi Pilkada Konawe sebagai bakal calon bupati (Bacabup).

Irawan yang dikonfirmasi mengatakan sudah mengajukan surat pengunduran dirinya kepada Plt.Gubernur Sultra, Saleh Lasata sebagai atasannya di Pemprov Sultra. “Saya maju sebagai bakal calon bupati di Pilkada Konawe. Salah satu syarat pendaftaran yang harus dipenuhi jika dia sebagai PNS, maka harus mundur. Saya sudah ajukan surat pengunduran diri saya dari status PNS. Artinya saya pensiun dini,” kata Irawan Laliasa saat dihubungi, Rabu (10/1).

Menurut mantan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe itu, sesuai mekanisme KPU, proses pengunduran diri seorang ASN ditujukan ke atasan langsung, yakni Gubernur atau Plt. Gubernur. Kemudian, Plt. Gubernur mendisposisi ke kepala BKD Sultra agar menindaklanjuti surat pengunduran diri tersebut dengan mengeluarkan surat untuk pemohon. Isinya bahwa BKD Sultra sedang atau telah memproses pengunduran diri yang bersangkutan dari ASN. Mekanisme terakhir, menjadi kewenangan BKN pusat untuk menghentikan segala hak dan kewajiban seorang ASN. ” Tanggal 9 Januari, surat keterangan proses pengunduran diri saya sudah diproses. Kebijakan pimpinan daerah yang akan menunjuk pelaksana Kepala Badan Pendapatan Daerah Sultra. Saya sudah siap dengan segala konsekuensi. Tentu kita tawakkal pada Allah SWT,” jelasnya.

Kendati demikian, hingga kini Irawan Laliasa masih berstatus Kepala BPD Sultra. Sebab, surat dari BKD Sultra belum keluar sehingga dia masih beraktivitas sebagai Kepala BPD Sultra sampai ada penunjukan. Toh, kata dia, proses resmi penetapan di KPU Konawe sebagai calon bupati Konawe, baru akan berlangsung di Februari mendatang. Sebenarnya, masa pensiun Irawan Laliasa dari status ASN masih 4 tahun lagi. Namun, karena memilih menjadi salah satu bakal calon bupati Konawe, dia pun memilih mengajukan pensiun dini. (ind/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top