Listrik Padam, PDAM Kendari Ikut Macet – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Listrik Padam, PDAM Kendari Ikut Macet

KENDARIPOS.CO.ID — Listrik dan air kebutuhan vital bagi masyarakat, termasuk di Kota Kendari. Bila keduanya tak ada maka hampir dipastikan seluruh aktivitas warga akan lumpuh. Kondisi itu dirasakan warga sejak Senin (8/10. Jaringan PLN mengalami gangguan, karena itu pula distribusi air PDAM ikut macet.

Direktur Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa, Damin SE mengaku tak bisa berbuat banyak dengan kondisi saat ini. Distribusi air macet total saat listrik padam. “Karena kita sangat tergantung dengan PLN. Kalau listrik padam, maka air tidak bisa mengalir. Senin dan Selasa kemarin kita memang macet total,” ujar Damin di ruang kerjanya, Rabu (10/1). Damin menuturkan meski listrik hanya padam 2 menit saja, pelayanan air bisa bergeser 4 jam. Olehnya itu, saat ini pihaknya hanya bisa menunggu normalnya kembali jaringan listrik. “Kondisi ini bukan baru kali ini terjadi. Pokoknya setiap listrik padam, yah air akan ikut tak mengalir,” terangnya.

PDAM bukan tanpa upaya untuk mengantisipasi hal itu. Perusahaan plat merah itu sudah mengusulkan pengadaan genset sebagai pengganti PLN jika terjadi pemadaman atau kerusakan. Hanya saja hingga kini belum respons positif dari pemerintah pusat. “Kita bidik bantuan pusat. Tidak bisa mengandalkan APBD karena bukan biaya sedikit ini,” lanjut Damin.

Sebab lanjut Damin, PDAM membutuhkan listrik 1000 KPA untuk memasok tegangan ke puluhan ribu pelanggan. “Contoh saja untuk jaringan Pohara itu membutuhkan 560 KPA, tiap bulan kita bayar Rp 600 juta untuk listrik. Kalau genset kita beli akan banyak biaya keluar, karena biaya bahan bakarnya solar. Akan lebih banyak biaya operasional daripada anggaran yang masuk,” ungkapnya. Rabu (10/1), PDAM sudah mendapat sinyal positif dari PLN bahwa untuk Kota Kendari jaringannya sudah berangsur pulih. “Kami juga mohon maaf pada masyarakat karena ini tidak disengaja,” imbuh Damin.(ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top