Pariwara
Wakatobi

DLH Wakatobi Usut Kegiatan Proyek Tak Berizin

Jaemuna

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah pekerjaan proyek di Wakatobi, baik milik pemerintah maupun swasta yang dilaksanakan pihak kontraktor diduga masih banyak yang belum mengantongi izin. Salah satunya, analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal). Pemkab Wakatobi mengakui, selama 14 tahun otorita itu mandiri, memang belum ada satupun pemilik proyek yang mengantongi izin Amdal. Namun pemerintah setempat memastikan, tahun 2018 ini seluruh proyek wajib memiliki Amdal dan belum bisa melakukan pekerjaan fisik sebelum seluruh dokumen dan izin dilengkapi.

Program tersebut menjadi salah satu prioritas pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wakatobi. Tahun ini, instansi yang memiliki kewenangan mengeluarkan izin resmi untuk proyek pembangunan itu akan bersikap tegas. Baik proyek yang sudah selesai dikerjakan atau sementara berjalan akan dipantau. Pihak DLH Wakatobi akan turun langsung memantau di lapangan. Kepala DLH Wakatobi, Jaemuna, mengaku, ia telah mendengar sejumlah laporan dari jajarannya setelah beberapa minggu menjabat sebagai pimpinan di instansi tersebut.

“Tapi, sebelum turun, saya sudah sampaikan ke bidang teknisnya untuk membuat standar operasional prosedur (SOP) penaatan terlebih dahulu. Khawatirnya, jangan sampai ada limbah berbahaya atau gangguan lingkungan lainnya,” katanya, Selasa (9/1). Mantan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wakatobi ini mengungkapkan, masih banyak pihak yang melakukan kegiatan proyek mengesampingkan izin lingkungan. Hanya, jika hal ini menjadi temuan, tentu akan ditindak tegas. “Awalnya akan kita tegur dan beri kesempatan untuk segera mengurus izin. Kalau tidak diindahkan maka jelas ada sanksi tegas,” ancamnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top