Pariwara
HEADLINE NEWS

Calon PJ. Wali Kota Baubau, Plt. Gubernur Pilih 3 Nama

Wagub Saleh Lasata

KENDARIPOS.CO.ID — Calon pengganti sementara Wali Kota Baubau, AS Tamrin sudah ada di tangan Plt.Gubernur Sultra, Saleh Lasata. Nama-nama itu masih dirahasiakan. Dari 6 calon penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, kini sudah mengerucut pada 3 nama. Itu setelah Biro Pemerintahan dan Administrasi Daerah menyerahkan 6 nama akhir Desember 2017 lalu dan Plt. Gubernur Sultra Saleh Lasata sudah memilih 3 orang yang dianggap layak menggantikan AS Tamrin. Pj Wali Kota Baubau akan menjabat sampai adanya wali kota definitif hasil Pilkada serentak 27 Juni 2018. Siapa saja tiga nama itu ? “Itu saya belum tahu siapa saja, yang jelas kita sudah serahkan ke Plt.Gubernur, nanti beliau sendiri yang komentar,” kelit Kepala Biro Pemerintahan dan Administrasi Daerah, La Ode Ali Akbar saat dikonfirmasi, Rabu (10/1).

Meski belum dipastikan nama pengganti sementara AS Tamrin, mantan Pj Bupati Buton Tengah itu menyebutkan sebelum akhir Januari nama itu sudah ada. Sebab, masa jabatan duet Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau, AS Tamrin dan Maasra Manarfa akan berakhir 30 Januari mendatang.

Sebelumnya, Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata tak menampik jika sudah memilih 3 nama untuk diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mekanisme pengusulan itu kata dia mengacu pada UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-undang. Pada Pasal 9 mengatur bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan bupati atau wali kota diangkat penjabat bupati atau wali kota yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama sampai dengan pelantikan bupati dan wali kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. “Ya kita usulkan. Syaratnya harus eselon II atau setara dengan kepala dinas,” ujar Saleh Lasata.

Rabu (10/1), Plt. Gubernur Sultra sudah berada di Jakarta untuk menyerahkan kandidat Pj. Wali Kota Baubau ke Kemendagri. “Saya mau berangkat ini, Kamis (hari ini,red) saya ke Kemendagri. Sudah ada namanya (Pj.Wali Kota Baubau),” ujar Saleh Lasata saat ditemui, Selasa lalu. Sayangnya mantan Bupati Muna itu enggan menyebutkan siapa saja 3 nama dimaksud. Kata dia, biarlah nanti setelah mendapat persetujaun Kemendagri baru diekpos pada masyarakat Kota Baubau. “Yang jelas ada kepala dinas juga, ada yang lainlah. Pokoknya nanti sudah ditunjuk Kemendagri baru kita infokan,” tukasnya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top