Pariwara
Konawe Utara

BPBD Konut Rancang Siaga Darurat Banjir

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe Utara (Konut) mengusulkan program ke Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) untuk siaga darurat banjir dan tanah longsor. Paket pekerjaan yang akan dilakukan adalah normalisasi sungai, talud penahan ombak, termasuk sumur bor. Penyebabnya, di Konut, terdapat beberapa aliran sungai yang menjadi langganan banjir dan tersebar disetiap kecamatan.

Kepala Bidang Penanganan Darurat, Peralatan dan Logistik BPBD Konut, Djasmidin, mengatakan, usulan itu dilakukan mengingat wilayah tersebut kerap kali menjadi sasaran banjir bila musim penghujan tiba. “Proposal usulan ke BNPB rencana akan kami ajukan pada akhir Januari ini, supaya bisa direalisasikan pada tahun 2018 juga. Karena kalau kita hanya berharap melalui APBD Konut sangat terbatas anggaran. Makanya kita harus dibackup dana APBN melalui BNPB,” ujar Djasmidin, rabu (10/1).

Untuk wilayah Konut, ada beberapa titik kecamatan yang dianggap rawan banjir bila musim hujan diantaranya Kecamatan Sawa, Lasolo, Molawe, Andowia dan Asera. “Titik itu yang yang kita usulkan ke BNPB,” sambungnya. Djasmidin menambahkan pada tahun 2017 lalu, BNPB menurunkan program transisi kepemulihan diantaranya pembuatan jembatan darurat pada lima titik yang terletak di tiga kecamatan yakni Oheo, Andowia dan Molawe. Kemudian BNPB juga menurunkan program darurat kekeringan berupa pembuatan sumur bor di empat titik.

“Yang diusulkan di pusat itu banyak titik, namun yang dapat persetujuan hanya empat titik yakni Wiwirano, Landawe, Langgikima dan Oheo. Makanya kita upayakan tahun ini BNPB kembali menurunkan bantuannya ke Konut,” harap Djasmiddin. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top