Pariwara
Muna

Alun-Alun Kota di Muna Makin Kumuh

LAODE ALFIN/KENDARI POS
Tampak alun-alun Kota Raha yang kumuh. Dua pemulung tengah memungut sampah yang berserakan.

KENDARIPOS.CO.ID — Status alun-alun Kota Raha sebagai ruang publik memang tak tepat lagi. Warga yang akan beraktivitas di tempat itu dipastikan tidak akan betah. Pasalnya, kondisi alun-alun tersebut terlihat tak terurus. Banyak sampah berserakan dan tampak kumuh. Salah seorang warga yang melintas bahkan menyindir, alun-alun Kota Raha sebaiknya diganti saja menjadi tempat pembuangan sampah. “Tidak tahu apa kerja petugas kebersihan ini,” kritik Taufik, warga Kelurahan Raha I, Rabu (10/1).

Kondisi alun-alun Kota Raha memang memrihatinkan. “Dua minggu lalu memang ada pasar malam di situ, tapi setelah selesai, tidak ada juga yang bersihkan. Padahal, di sini tempat olahraga masyarakat,” keluh Taufik lagi. Dengan kondisi alun-alun itu, Hadait, Kepala Bidang Kebersihan, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Muna justru memberi jawaban datar.

Ia berdalih, kebersihan alun-alun bukan menjadi tanggung jawab instansi, setidaknya setelah kegiatan pasar malam digelar. “Soalnya itu (pasar malam) mereka tidak izin sama kita (BLH). Tidak tahu mereka (izin di mana),” katanya saat dihubungi, Rabu (10/1). Makanya, Hadait mengaku enggan membersihkan tempat tersebut. Bahkan, saat petugas kebersihan melakukan kerja bakti, alun-alun tidak tersentuh. “Saya hanya bersihkan yang di luar alun-alun. Kalau di dalam, tanyakan saja sama siapa mereka izin,” tandas Hadait. (c/m1)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top