Pariwara
Hukum & Kriminal

87 Pengguna Narkoba di Muna Direhabilitasi


Kepala BNNK Muna, La Hasariy

KENDARIPOS.CO.ID — Penyalahgunaan narkoba di Muna cukup tinggi. Terukur dari jumlah pasien rehabilitasi yang digarap Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Muna. Sepanjang tahun 2017, BNNK Muna merehabilitasi sekira 87 pengguna narkoba. Kepala BNNK Muna, La Hasariy mengatakan 87 pengguna narkoba itu menjalani rehabilitasi di klinik Pratama BNNK Muna.

Kata dia, jumlah pasien yang direhabilitasi lebih banyak dari perkiraaan awal yang hanya sekira 75 orang. Bertambahnya pasien rehabilitasi dari estimasi awal 75 orang mengindikasikan kondisi over kapasitas. “Kebanyakan yang menjalani rehabilitasi itu adalah usia produktif. Namun kadangkala kami mendapat kendala di lapangan. Saat kita datangi rumah mereka dan bertemu dengan orang tuanya justru mereka takut. Padahal kami datang untuk membangun komunikasi agar anaknya direhabilitasi,” ujar La Hasariy, Rabu (10/1).

Dia memaklumi kondisi batin orang tua pasien yang mungkin malu karena anaknya ketahuan pengguna narkoba, namun mau tidak mau pasien harus dibebaskan dari belenggu narkoba. Sebab, narkoba adalah musuh negara maka sudah semestinya diperangi. Nah, tugas memberantas narkoba, bukan hanya tanggung jawab BNNK Muna tetapi seluruh lapisan masyarakat, termasuk orang tua.

“Rehabilitasi itu gratis. Bahkan pasien diberikan bantuan obat sesuai dengan penyakit penyertanya. Kami juga siapkan dokter umum. Jadi jangan malu (untuk direhabilitasi). Silahkan datang ke BNN dan kami kami merahasiakan identitas pasien. Siapa pun dia. Asalkan betul betul ada kemauan direhabilitasi,” ungkap La Hasariy.

Meski belum punya target di tahun 2018 ini, La Hasariy menegaskan pencapaian program kerja tetap bertumpu pada 4 aspek, pencegahan, pemberdayaan masyarakat, pemberantasan dan rehabilitasi. “Harapan kami adalah bagi yang sudah menjalani rehabilitasi supaya jangan pernah menggunakan lagi narkoba,”pungkas La Hasariy. (yaf/c)

“Cerai” dengan Narkoba
-87 pengguna narkoba direhabilitasi tahun 2017
-Estimasi awal BNNK Muna hanya sekira 75 orang
-Pengguna umumnya masih usia produktif
-Pelayanan rehabilitasi bebas biaya alias gratis
-BNNK Muna juga siapkan dokter umum

Tantangan
-Sebagian pengguna merasa malu untuk direhabilitasi
-Ada ketakutan jika BNNK Muna berkunjung ke pengguna

Sumber : BNNK Muna

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top