Lukman Abunawas Mundur, Asisten 1 Jadi Plh Sekda – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Lukman Abunawas Mundur, Asisten 1 Jadi Plh Sekda

Lukman Abunawas

KENDARIPOS.CO.ID — Rabu (10/1/2017), Lukman Abunawas resmi mendaftarkan diri sebagai calon Wakil Gubernur Sultra. Konsekuensinya, dia harus menanggalkan statusnya sebagai PNS dalam waktu dekat. Sebab sesuai aturan, semua PNS yang tampil di kontestasi Pilkada diwajibkan mundur sebagai abdi negera.

Soal itu, Lukman mengaku sudah menjalankan prosesnya. Sejak 2 Januari lalu dirinya sudah merampungkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk mengakhiri karirnya sebagai PNS. “Surat permohonan mundur saya sudah saya bawa ke Plt.Gubernur Sultra, selanjutnya akan diteruskan ke BKN,” ujar Lukman Abunawas, Selasa (9/1).

Secara resmi Lukman Abunawas akan hengkang dari rutinitasnya sebagai Sekretaris Provinsi Sultra pada 12 Februari mendatang, yakni saat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sultra menetapkannya sebagai salah satu calon Wakil Gubernur Sultra yang berpasangan dengan Ali Mazi sebagai calon Gubernur Sultra. “Kalau sudah ditetapkan, sudah mundur permanen,” tukas Lukman Abunawas.

Lalu siapa yang akan menggantikannya nanti ? Menurut Lukman Abunawas, belum ada seleksi terbuka yang digelar. Namun untuk mengisi kekosongan setelah dirinya mundur, maka merujuk pada aturan umum yakni asisten 1 yang akan menduduki jabatan pelaksana harian (Plh) Sekda Provinsi. Tetapi statusnya sebagai pelaksana harian yang kewenangannya jauh dari sekda definitif. “Biasanya kan asisten 1 bisa juga dua atau tiga, yang jelas jabatan sekda tidak akan kosong,” ungkapnya.

Pemprov Sultra bisa menggelar asesmen untuk mencari Sekda Provinsi baru. Dananya bisa diambil dari DIPA di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra. Tetapi kemungkinan besar diseleksi baru akan digelar setelah ada pelaksana Gubernur Sultra pada Februari mendatang. “Nanti setelah Plh, bisa ditunjuk lagi Plt. Sekda oleh Plt. Gubernur nantinya, bisa juga langsung diseleksi, terserah kebijakan pimpinan,” tutupnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top