30 Persen Puskesmas di Sultra Belum Punya Dokter – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

30 Persen Puskesmas di Sultra Belum Punya Dokter

Kepala Dinas Kesehatan Sultra, dr.Asrum Tombili

KENDARIPOS.CO.ID — Peningkatan derajat kesehatan masyarakat Sultra menjadi salah satu sektor prioritas dalam pembangunan daerah. Hanya saja salah satu masalah yang tak kunjung mendapat solusi paripurna adalah jumlah tenaga kesehatan dengan beban pelayanan menunjukan jarak yang cukup jauh.

Kepala Dinas Kesehatan Sultra, dr. Asrum Tombili menyebut salah satu tenaga profesional yang paling dibutuhkan saat ini adalah dokter umum. Begitu banyak Puskesmas yang belum memiliki dokter umum. “Kita di Sultra ini ada 284 Puskesmas, 70 persen saja yang terisi. Masih banyak yang kosong,” jelasnya.

Kekosongan 30 persen tenaga dokter umum itu lanjut dr.Asrum masih diisi oleh perawat atau bidan senior. “Hanya itu solusinya, karena daerah tidak punya kewenangan mengangkat dokter,” tukasnya. Ada peluang lanjut dia, yakni dengan adanya program Nusantara Sehat oleh Kementerian Kesehatan RI, Sultra selalu hanya kebagian 1 atau 2 orang per tahun. “Padahal kita usulkan kebutuhan 100 orang. Jadi kita bisa apa selain memaksimalkan tenaga yang ada,” tambahnya.

Menanggapi kondisi itu, Plt. Gubernur Sultra Saleh Lasata mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Bahkan salah satu inisiatif Pemda yakni memberikan beasiswa pada calon dokter untuk melanjutkan studinya. Hanya saja kemampuan daerah memang tidak bisa memenuhi seluruhnya. ” Dikasih beasiswa juga, tapi tidak banyak. Kebutuhan kita memang banyak, makanya semoga ada penerimaan lagi,” harap Saleh Lasata. (ely/b)

Jumlah Dokter di Sultra
– Total jumlah dokter di Sultra sebanyak 768 :
Dokter umum : 436 orang
Dokter spesialis : 140 orang
Dokter gigi : 192 orang

-Jumlah rumah sakit : 39 unit
-Puskesmas : 280 unit

Sumber : Dinas Kesehatan Sultra tahun 2017

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top