Pariwara
Buton Selatan

Konsel Makin Hebat di Tangan Surunuddin-Arsalim

Pemred Kendari Pos Sehari, Surunuddin Dangga (ketiga dari kiri, pakai batik) bersama Wapemred Arsalim Arifin (ketiga dari kanan, pakai batik), Sekretaris Redaksi Sjarif Sajang (kedua dari kanan) melihat secara langsung proses layout berita di dapur redaksi Kendari Pos, senin (8/1). Tampak Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (paling kanan), jajaranan manajemen dan para redaktur ikut mendampingi. Foto: Kamal/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Konawe Selatan (Konsel) tak salah memilih Surunuddin Dangga dan Arsalim sebagai pemimpinnya. Terbukti, belum genap dua tahun memimpin, telah banyak terobosan besar yang dilakukan. Semua yang telah keduanya lakukan, berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Secara umum, beberapa kesuksesan yang berhasil keduanya torehkan adalah mampu mengeluarkan Konsel dari predikat tertinggal, menurunkan angka kemiskinan, merehabilitasi ribuan rumah warga. Tak kalah penting, saat ini Konsel digagas sebagai pusat pembibitan sapi terbesar di Indonesia Timur.

Hampir semua sektor dibenahi dan digenjot. Seperti pariwisata hingga infrastruktur. Makanya, tidak salah kalau disebut Konsel makin hebat di tangan Surunuddin-Arsalim. Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga tak menampik kesuksesan itu. “Sudah menjadi komitmen kami untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Konsel,” ujar Surunuddin saat berbincang dengan Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin beserta jajaran di Graha Pena Kendari Pos, senin (8/1). Pada kesempatan itu, Surunuddin didaulat menjadi Pemimpin Redaksi (Pemred) Kendari Pos Sehari.

Mantan anggota DPRD Sultra ini menambahkan, sudah dua tahun lebih memimpin Konsel bersama Arsalim, sudah banyak hal yang sudah dilakukan. Mulai fokus urus ketahanan pangan seperti jagung, padi dan kedelai. Kemudian peternakan sapi. “Kami sudah siapkan 400 hektare untuk pengembalaan sapi di Konsel, dan ini terbesar di Indonesia Timur,” jelasnya. Semua ini disiapkan sebagai komitmen pemkab dalam mendukung Konsel sebagai sentra bibit sapi secara nasional oleh kementerian pertanian (Kementan).

“Sudah ada SK-nya. Keberhasilan ini adalah buah dari kerja keras kami bersama Arsalim, bagaimana menjadikan Konsel sebagai lumbung daging sapi. Jadi ke depan Konsel akan menjadi tujuan dari berbagai kalangan untuk kebutuhan daging,” terangnya.

Kedua, lanjut mantan legislator Konsel ini, pihaknya juga telah mengembangkan infrastruktur, seperti jalan aspal sepanjang 100 kilometer dan tiga buah jembatan mega proyek. Termasuk pembangunan kantor bupati.
“Kemudian dari segi pariwisata kita mendorong tiga destinasi yakni Namu, Rawa Aopa dan air terjun Moramo. Dulu Moramo ini dikelola desa sekarang kita ambil alih. Untuk Rawa Aopa ada tiga fungsinya nanti, yakni sebagai pariwisata, pencanangan pohon sagu dan pelestarian ikan air tawar. Ini semua dalam rangka menurunkan angka kemisikinan,” tutur Surunuddin.

Suami Hj Nurlin Surunuddin itu menambahkan, pihaknya terus berusaha memutuskan rantai kemiskinan di daerah itu. Salah satunya melalui program rehab rumah tidak layak huni (RTLH). Pemkab Konsel terus bersinergi dengan kementerian sosial melalui program Keluarga Harapan (PKH). Tahun ini PKH Konsel meningkat dari 18 ribu menjadi 21 ribu.

“Makanya saya bersama Arsalim berani pasang tagline Desa Maju Konsel Hebat. Namun demikian, sekali lagi saya sampai kan, untuk memaksimalkan itu, kami sangat mengharapkan dukungan dari media,” harapnya.

Tak hanya itu, dia menambahkan terkait penetapan kawasan budi daya perikanan ikan air tawar, juga telah menetapkan Kolono sebagai kawasan budi daya perikanan. “Tujuan kami adalah bagaimana menciptakan lapangan kerja,” katanya. Surunuddin tak sendiri saat berkunjung ke Kendari Pos. Bersamanya ada Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin dan Sekda Sjarif Sajang.

Wakil Bupati Konsel, Dr. Arsalim Arifin mengatakan, kerja keras membangun Konsel berhasil menurunkan angka kemiskinan. Sebelumnya kemiskinan di Konsel masih 13 persen, kini turun tinggal 11 persen. “Kami targetkan hingga akhir masa jabatan sisa 8 persen,” ujarnya.

Tak hanya bupati, pada kesempatan itu, Arsalim juga didaulat menjadi wakil pemimpin redaksi Kendari Pos. Dalam kapasitas itu, dia banyak memberikan usulan liputan tentang pilgub Sultra. “Ini momentum tepat. Kita harus gali ide-ide dari para kandidat tentang upaya mereka untuk mengurangi kemiskinan,” jelasnya.

Lanjut dia, sebagai kandidat gubernur harus memiliki komitmen. Artinya apa yang dipaparkan dalam visi misi calon, itu yang harus dimaksimalkan. “Ini penting supaya ketika nanti terpilih bisa dikontrol media. Kita tidak ingin memilih pemimpin yang hanya mengumbar janji. Sebagaimana harapan masyarakat bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat, ” katanya. Usai gelar rapat, Surunuddin bersama Arsalim sempatkan lihat langsung dapur redaksi tempat pengeditan berita termasuk proses layout. Selain Dirut, pertemuan itu juga dihadiri Direktur La Ode Diada Nebansi, Pemred Arifuddin Mangka, jajaran managemen dan para redaktur. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top