Pariwara
Politik

Asrun-Hugua Penuhi Syarat Pencalonan

Usai mendaftar di KPU dan dinyatakan memenuhi syarat, Asrun-Hugua bersama sejumlah tokoh politik parpol pengusung menggelar deklarasi. Foto: Alin For Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Bakal pasangan calon (bapaslon) gubernur dan wakil gubernur, Asrun-Hugua resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, Senin (8/1). Mantan Wali Kota Kendari dua periode dan mantan bupati Wakatobi dua periode itu, tiba di KPU sekira pukul 10.28 Wita. Keduanya diarak diarak ribuan simpatisan dan pendukungnya. Para petinggi partai politik pengusung juga ikut mendampingi.

Seperti Ketua DPW PAN Abdurrahman Shaleh, Ketua DPW PKS Sulkhani, Wakil Ketua DPD PDIP Sultra Nursalam Lada, Ketua DPD Gerindra Imran, Ketua DPD Hanura Muh Sabri Manomang, Ketua DPW PKB Nurfa Thalib dan Sekretaris DPW PPP Ikhsan Rifani.

Tak hanya itu, sejumlah kepala daerah juga hadir. Mereka adalah Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra (hadir sebagai Sekretaris PAN), Bupati Konsel Surunuddin Dangga (sebagai tokoh masyarakat), Bupati Bombana H tafdil (Ketua PAN Bombana), anggota DPR RI Tina Nur Alam dan puluhan pejabat lainnya.

Setelah melalui proses verifikasi syarat pendaftaran, KPU Sultra akhirnya menyatakan pasangan berakronim SURGA itu memenuhi syarat pencalonan. Komisioner KPU Sultra, Iwan Rompo Bane menjelaskan, ada tujuh parpol yang didaftarkan Asrun-Hugua sebagai partai pengusung. Yakni, PAN (9), PDIP (5), PKS (5), Gerindra (4), Hanura (3), PPP (2) dan PKB (1). Namun demikian, setelah diverifikasi hanya lima parpol yang memenuhi syarat sebagai parpol pengusung, minus PPP dan PKB.

Menurut dia, untuk PPP memang membawa berkas asli B.1-KWK yang ditandatangani langsung Ketua DPP PPP Romahurmuzi dan Sekjen Asrul Sani. Namun karena tidak ada dukungan konkrit dari DPW PPP Sultra, sehingga dibatalkan. Sementara untuk PKB, memang tidak ada B.1-KWK yang dikeluarkan DPP PKB. “Makanya, kedua parpol ini kami coret,” ujar Iwan Rompo usai menerima pendaftaran bapaslon Asrun-Hugua, di Aula Husni Kamil Manik, senin (8/1).

Olehnya, lanjut dia, tersisa hanya lima parpol pengusung saja. Secara keseluruhan kelima parpol itu telah melebihi persyaratan 20 persen dari 45 kursi di DPRD Sultra hasil Pilcaleg 2014 lalu. “Jumlah dukungannya 26 kursi. Itu sudah melebihi syarat pencalonan,” jelasnya.

Setelah mendaftar, paslon yang telah dinyatakan memenuhi syarat pencalonan akan dilanjutkan untuk memenuhi syarat calon, baik bacagub maupun bacagubnya. Ke depan yang akan dilaksanakan adalah tes kesehatan, tes bebas narkoba dan tes psikologi. Semua terjadwal dimulai 8-15 Januari 2018. “Setelah ini, masih ada dua bakal pasangan calon lagi yang akan mendaftar,” katanya.

Bacagub Sultra Asrun, saat dikonfirmasi usai mendaftar di KPU, mengaku bersyukur. Karena, pada dasarnya sudah memenuhi syarat pencalonan. Meski dua parpol dicoret, menurutnya tidak ada masalah. “Alhamdulillah semua berjalan lancar. Kami telah memenuhi syarat pencalonan. Selanjutnya, kami bersiap untuk melengkapi syarat calon,” terangnya.

Ketua DPW PKB Nurfa Thalib yang ikut hadir mengantar Asrun-Hugua tetap menghormati keputusan KPU. Sejatinya, pihaknya mendukung Asrun-Hugua. Sebab, pasangan ini yang telah mendaftar dan mengikuti mekanisme partai. Namun demikian, pihaknya memang belum menerima B.1-KWK dari DPP.

Menurut dia, jika ada kandidat lain yang menyatakan telah mendapat dukungan PKB dan mendapatkan B.1-KWK maka itu sama sekali tidak diketahuinya. Pasalnya, hingga detik ini (senin, red) belum mendapatkan pemberitahuan dari DPP PKB bahkan salinan aslinya pun tidak ada. “Saya hadir disini mengantar Pak Asrun-Hugua karena mendukung mereka sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Kalau ada yang lain mendaftar dan membawa dukungan (B.1-KWK dari DPP PKB), saya tidak akan ikut hadiri,” tegasnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top