Realisasi Pajak 2017 Lampaui Target – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Realisasi Pajak 2017 Lampaui Target

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Kendari tahun 2017 patut diapresiasi. Untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, realisasi pajak melampaui target. Badan yang dinakhodai Nahwa Umar itu ditarget bisa mengutip pajak Rp 99 miliar 2017 lalu. Per 31 Desember lalu pajak yang terkumpul tercatat melampaui angka Rp 100 miliar atau 103,8 persen. “Ini kali ini kita melampaui target, karena mengumpulkan pajak ini bukan pekerjaan yang mudah, tapi kita berhasil, biasanya hanya 98 persen, sekarang 1033 persen,” ujar Nahwa Umar, akhir pekan lalu.

Sektor Pajak Penerangan Jalan (PPJ) menjadi pengumpul pajak terbanyak yakni Rp 32 miliar, target semula sekira Rp 31 miliar. Disusul,  Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Capaiannya sekira Rp 23 miliar. Lebih Rp 1 miliar dari target Rp 22 miliar. Selain itu, pajak dari sektor hotel mencapai Rp 7 miliar, sementara targetnya hanya Rp 6,5 miliar. Terakhir, pajak restoran. BP2RD menargetkan sekira Rp 6 miliar namun realisasinya mencapai Rp 6,5 miliar.

Nahwa Umar mengungkapkan banyak upaya yang dilakukan untuk menggenjot angka serapan pajak itu. “Kita punya tim. Tim ini yang mendatangi wajib pajak jika tidak sempat datang membayar di kantor kita. Selain itu wajib pajak kita ingatkan dan kita tagih, karena itu kewajiban mereka,” tuturnya.

Hasilnya, lanjut mantan Kepala Inspektorat ini, naiknya realisasi pajak itu kata karena banyak sumber yang juga melawati target yang dicanangkan. “PPJ, BPHTB, hotel, dan restoran itu semua diatas target realisasinya,” katanya.

Soal target 2018, mantan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kendari itu belum mau menyebutkan angka pasti yang menjadi target pendapatan dari sumber pajak itu. Hanya saja ia tetap menegaskan komitmennya untuk selalu mempertahankan prestasi dan menggenjot kinerja. “Kita berbuat yang terbaik saja, yang maksimal,” tutupnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top