Pembebasan Lahan Bandara di Kolut Tunggu Verifikasi – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Utara

Pembebasan Lahan Bandara di Kolut Tunggu Verifikasi

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Bupati Kolut, H. Nur Rahman ketika meninjau lokasi rencana pembangunan Bandara dan melihat koordinat luas lahan yang akan dibebaskan nantinya.

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana pembangunan bandara udara (Bandara) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terus dimatangkan untuk segera terealisasi. Dinas Perhubungan (Dishub) Kolut mengupayakan agar Januari ini sudah bisa mengajukan dokumen kelengkapan ke pihak kementerian guna dilakukan verifikasi menyangkut lokasi yang telah ditunjuk.

Kadis Perhubungan Kolut, Jamil Mas’ud, yang ditemui menjelaskan, pengusulan kelengkapan berkas tersebut akan diajukan terlebih dahulu ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui rekomendari gubernur. Jika sudah sampai ke tangan menteri, langkah selanjutnya tim pusat akan turun meninjau lahan Bandara dimaksud.

Lokasinya terletak memanjang mencakup wilayah Dusun V Desa Kaluku-luku dengan Dusun I Desa Lametuna, Kecamatan Kodeoha. “Semua dokumennya sudah lengkap dan tinggal Amdal akan dilengkapi setelah diverifikasi,” katanya, Jumat (5/1). Verifikasi lahan Bandara itu sambung Jamil Mas’ud, akan dilakukan langsung pihak Dirjen Perhubungan Udara setelah menerima rekomendasi. Penunjukan lokasi di Kecamatan Kodeoha itu sudah paten sesuai hasil kajian dari pihak konsultan dari dua opsi lain yang disebutkan sebelumnya.

Pemkab telah memproyeksi besaran dana yang akan dipersiapkan untuk melakukan pembebasan lahan. Setidaknya lebih 98 hektare akan dipatok Pemkab. Namun, diutarakan tidak cukup dari 10 orang saja yang dianggap menguasai lahan berstatus produktif dan selebihnya lahan tidur. “Produktif maksudnya sudah berbentuk empang maupun perkebunan kakao,” ujarnya.

Yang jelas, para pemilik lahan tidak ada yang keberatan dan dipersilahkan memilih antara dua opsi yang disodorkan pemerintah. Misalnya, bagi pemilik tambak apakah mau menerima uang saja atau diberi lokasi lain yang fungsinya sama. “Lahan sudah ada. 150 meter dari garis pantai ke darat dan 150 meter dari pesisir ke laut. Kami optimis Bandara segera dibangun secepatnya,” pungkas Jamil Mas’ud .

Untuk diketahui, selain Kolut yang mengajukan permohonan pembuatan Bandara juga diikuti Luwu Timur (Lutim) Sulawesi Selatan. Namun Bupati Kolut, Nur Rahman Umar segera merespon cepat dengan memantau lokasi dan melengkapi dokumen. Kolut-1 itu memastikan, Bandara di otoritanya segera terwujud. (b/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top