Kekuatan Besar Sokong Asrun-Hugua – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Kekuatan Besar Sokong Asrun-Hugua

Ilustrasi: Fahri Asmin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Asrun-Hugua hampir memiliki segala aspek yang dibutuhkan untuk bisa memenangkan pemilihan gubernur (pilgub) Sultra, Juni mendatang. Mulai disokong kekuatan partai politik (parpol) beserta para tokohnya, jejaring kepala daerah, infrastruktur pemenangan (relawan dan sebagainya) hingga kekuatan figur.

Bukan hanya itu, pengalaman mereka di pemerintahan juga sangat luar biasa, dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang didapatkan, baik tingkat nasional maupun internasional. Semua itu akan menjadi nilai plus bagi pasangan berakronim SURGA ini untuk menjadi suksesor Nur Alam-Saleh Lasata sebagai pemimpin Sultra ke depan. Masyarakat Sultra juga sudah melihat kinerja mereka, sehingga tidak ragu lagi untuk menjatuhkan pilihan. (detail penjelasannya lihat grafis).

Pakar Komunikasi Politik Sultra, Dr. Muh Najib Husain mengakui kalau keberadaan tokoh nasional maupun lokal turut berkontribusi dalam mendukung kemenangan figur yang diusung. Sebab, sebagian besar masyarakat mengidolakan para tokoh tersebut. “Kehadiran para tokoh akan menjadi salah satu referensi pemilih dalam menentukan dukungannya di pilgub,” ujar Najib Husain saat dihubungi, minggu (7/1).

Menurutnya, karakter pemilih di Sultra, dominan masuk kategori pemilih emosional. Di mana mereka lebih mendahulukan memilih figur yang memiliki ke dekatan emosional dengan dirinya. Termasuk tokoh-tokoh yang ada di belakang kandidat tersebut. “Para tokoh di belakang figur akan menjadi salah satu alasan untuk memilih pasangan tersebut,” jelasnya.

Dia mencontohkan Asrun-Hugua, banyak tokoh penting yang mendukung pasangan ini. Sebut saja misalnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri. Sebagai mantan Presiden RI, tentu masih banyak masyarakat yang mengidolakannya. Ditambah lagi memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo. “Ini secara tidak langsung akan menarik simpati masyarakat untuk mendukung figur yang didukungnya,” jelasnya.

Kader PDIP juga sudah pasti akan bekerja all out. Sebab, selain karena salah satu kader terbaiknya ikut bertarung, tapi juga karena didukung penuh Ketua Umum. “Di internal partai saja, sudah pasti kerja maksimal untuk memenangkan pilgub,” katanya.

Partai Amanat Nasional (PAN) lebih hebat lagi. Sebab, dalam satu dekade terakhir (10 tahun,red) partai yang saat ini dinakhodai Abdurrahman Shaleh, mampu “merajai” perpolitikan di Sultra. Tidak hanya mampu menempatkan kadernya sebagai gubernur, tapi juga hampir seluruh kepala daerah dan pimpinan DPRD se-Sultra dikuasai partai berlambang matahari terbit ini. “PAN sudah berpengalaman diberbagai ajang pilkada di Sultra. Sehingga mereka sudah punya referensi, apa yang harus dilakukan untuk kembali memenangkan pilgub,” tambahnya.

Tak kalah hebat juga dukungan Gerindra dan PKS. Secara nasional, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto sudah tidak diragukan ketokohannya. Tentu banyak fansnya di daerah, termasuk Sultra. Secara tidak langsung karena mendukung Asrun-Hugua, suara masyarakat yang masih mengidolakannya pasti memilih pasangan ini.

Di Sultra juga tak kalah hebat tokohnya. Ada Ketua Gerindra Sultra, H. Imran. Sebagai mantan bupati Konsel dua periode, tak ada lagi yang meragukan ketokohannya. Makanya, hampir pasti suara mayoritas masyarakat Konsel dan Konawe akan ke pasangan SURGA. “Apalagi sudah ada komitmen dari seluruh kader Gerindra untuk memenangkan Asrun-Hugua di pilgub,” terangnya.

Dukungan PKS juga jangan diremehkan. Meski tidak memiliki tokoh menonjol, namun partai yang punya 5 kursi di DPRD Sultra ini patut diperhitungkan. Sebab, partai ini dikenal memiliki kader yang sangat militan. “Semua kekuatan ini akan menjadi nilai plus bagi pasangan Asrun-Hugua,” jelasnya.

Kendati begitu, alumni terbaik UGM ini menilai, secara umum semua kandidat tetap memiliki peluang sama untuk menang. Namanya politik, tidak bisa hanya mengandalkan hitungan di atas kertas. Dukungan banyak parpol belum menjamin menang. Harus diiringi dengan kerja-kerja nyata. “Kerja masif mesin politik yang bisa memberikan kontribusi besar untuk memenangkan figur,” kata dosen ilmu komunikasi pascasarjana UHO ini.

Selain itu, kata dia, jangan sampai DPP mendukung namun kader di daerah menolaknya. Karena hal tersebut berimbas kepada kerja-kerja tim nantinya. Olehnya, harus menghindari agar tidak ada konflik dari pusat dan daerah. Sedangkan melihat realitas banyak kandidat yang didukung oleh DPP namun ditolak oleh pengurus daerah. “Hal paling penting sebenarnya adalah kemampuan figur untuk berkoalisi dengan rakyat. Kalau itu terjadi, kemenangan pasti di depan mata,” ungkapnya

Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan menilai pasangan Asrun-Hugua sangat ideal untuk memimpin Sultra. Keduanya sudah teruji dalam memimpin, dibutikan selama dua periode memimpin daerah masing-masing sebelumnya. “Pasangan ini sudah sangat tahu bagaimana caranya membangun. Saya harap masyarakat Sultra memberikan dukungan kepada keduanya untuk memperluas lahan pengabdian,” ungkap Zulhas.

Dirinya menginstruksikan agar seluruh kader PAN di Sultra bekerja maksimal untuk memenangkan pasangan “SURGA” ini. Selama ini, Sultra menjadi andalan PAN karena mampu mendominasi dalam setiap even pemilihan kepala daerah. “PAN harus tetap memimpin di Sultra. Makanya, saya minta kader all out,” pesan Ketua MPR RI ini.

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri juga menginstruksikan hal serupa. Dia minta kader masidfkan kerja politik untuk memenangkan pasangan Asrun-Hugua. “Asrun-Hugua adalah pasangan tepat dan ideal untuk memimpin Sultra. Makanya, semua kader mesti bergerak untuk memenangkannya,” katanya.

Mantan Presiden RI ini menambahkan, Asrun merupakan pelopor green city dan smart city. Juga sukses membangun Kota Kendari dari berbagai aspek. “Asrun adalah sosok yang membuat Kendari menjadi kota spiritual dengan tradisi keagamaan yang penuh toleransi. Jadi, sangat tepat kalau PDIP mengusungnya (Asrun,red) sebagai cagub Sultra,” puji Megawati.

Pujian serupa juga disampaikan kepada Ir Hugua. Dua periode memimpin Wakatobi, berhasil mengharumkan namanya di kancah internasional. Bahkan, berkat Hugua pula, Wakatobi menjadi salah satu kawasan wisata unggulan nasional. “Wakatobi bisa seperti sekarang, berkat peran Hugua,” ujarnya. Masih banyak prestasi hebat lainnya yang berhasil ditorehkan keduanya.

Untuk itu, dirinya sangat yakin kalau keduanya akan memenangkan pilgub Sultra, tahun depan. “Masyarakat Sultra, jangan ragu untuk memilih keduanya,” ungkapnya. Ketua DPW PAN Sultra, Abdurrahman Shaleh menilai pasangan Asrun-Hugua sangat komplet. Kehebatan dan kemampuan keduanya dalam memimpin daerah sudah sangat teruji. “Beri kesempatan keduanya memimpin, maka Sultra akan lebih hebat lagi,” tegasnya.

Wakil Ketua DPD PDIP Sultra, La Ode Umar Bonte menambahkan, Sultra butuh pemimpin yang mampu merealisasikan cita-cita rakyat. Harus bisa adil dan mampu merangkul semua kepentingan. “Figur itu ada pada pasangan Asrun-Hugua,” ujarnya, minggu (7/1). Menurut dia, Asrun memiliki kecerdasan intelektual dan emosional. Dia ahli infrastruktur yang dibuktikan dengan kemampuannya membangun Kota Kendari. Kemudian, dipadukan dengan Ir Hugua yang ahli maritim dan pariwisata. Kolaborasi keduanya, bisa membuat pembangunan Sultra akan luar biasa. “Masyarakat harus memberikan kesempatan kepada keduanya untuk memimpin Sultra. Kita butuh pemimpin cerdas dan visioner seperti mereka,” katanya.

Ketua DPD Gerindra Sultra, H. Imran menambahkan, Asrun-Hugua sudah tahu bagaimana cara membangun Sultra. Keduanya sudah menginvestarisir berbagai potensi yang dimiliki daerah ini. “Makanya, Gerindra tidak ragu untuk mengusung pasangan ini di Pilgub Sultra,” ujarnya.

Dirinya juga meminta seluruh kader all out untuk memenangkan keduanya. Harus bersatu padu dengan tim relawan maupun parpol lain dalam melakukan kerja-kerja politik. “Kita optimis menang,” imbuhnya. (b/wan/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top