Pariwara
Metro Kendari

Asrun-Hugua: Siap Abdikan Diri untuk Sultra

Ilustrasi: Fahri Asmin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pasangan Asrun-Hugua sudah sangat siap menjadi suksesor Nur Alam-Saleh Lasata. Memiliki pengalaman selama dua periode memimpin daerah, menjadi modal untuk menjadikan Sultra lebih maju lagi. Ir Asrun menjelaskan, maju dalam perhelatan pilgub, bukan untuk cari kekuasan, tapi lebih pada keinginan untuk mengabdi.

Sebab, posisi gubernur sangat strategis untuk memperluas wilayah pengabdian. “Saya sudah siap wakafkan diri untuk kepentingan Sultra. Saya akan kerahkan seluruh kemampuan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat,” ungkap mantan Wali Kota Kendari dua periode tersebut, minggu (7/1).

Ketua DPD PAN Kota Kendari ini menambahkan, dirinya sudah memilih pasangan yang akan menjadi wakilnya, yakni Hugua. Dari segi kompetensi bidang, dirinya memiliki keahlian dalam membangun infrastruktur sedangkan Hugua punya keahlian di bidang kelautan dan pariwisata. Dengan begitu, sehingga Asrun-Hugua merupakan komposisi yang ideal dalam membangun Sultra. “Pengalaman kami selama memimpin daerah sebelumnya, bisa menjadi tolok ukur. Prinsipnya, kami sudah sangat siap,” tegasnya.

Bukan hanya itu, Asrun-Hugua juga representasi perwakilan daratan dan kepulauan. Sehingga bisa mengakomodir kepentingan semua kelompok dan golongan. “Saya ajak masyarakat untuk bersama-sama di Pilgub Sultra. Ingat, suara Anda menentukan nasib Sultra, lima tahun ke depan,” ungkapnya.

Masyarakat Sultra memang tidak perlu ragu dengan kemampuan Asrun-Hugua dalam memimpin daerah. Khusus Asrun, selama dua periode memimpin Kota Kendari, sudah tidak terhitung pembangunan yang dilakukannya. Hebatnya lagi, dia mampu membangun infrastruktur hanya dengan menggunakan APBD alias tanpa mengutang.

Seperti membangun gedung megah DPRD Kota Kendari. Anggarannya seratus miliar lebih, tapa menggunakan anggaran pusat apalagi mengutang. Kemudian membangun TPAS Puuwatu yang kini sudah terkenal hingga mancanegara. Membangun Pasar Sentral Kota Kendari, Paddys Market dan sebagainya. Semua itu menggunakan dana daerah.

Tak kalah hebat, selama memimpin, hampir 100 persen jalan-jalan di Kota Kendari mulus teraspal. Membangun ring road yang menjadi penghubung antar kabupaten dan memudahkan akses dalam kota. Semua itu bisa terwujud berkat kecerdasan Asrun. “Membangun itu harus punya ilmunya. Makanya, pengalaman inilah yang akan kami bawa untuk membangun Sultra nantinya,” jelasnya.

Kesuksesan Asrun membangun juga diakui pemerintah pusat. Makanya, jangan heran kalau banyak diganjar penghargaan. Sebut saja misalnya, penghargaan individu sebagai Bapak Perencana Terbaik dari Bappenas RI, masuk 10 Besar Wali Kota Terbaik Indonesia dari Jawa Pos Group, Kepala Daerah “The Most Inspiring” (Paling Inspiratif) dari Kementerian ESDM.

Untuk skala daerah juga begitu. Penghargaan didapatkan berupa, predikat Adipura Kencana, Predikat Kota Sehat, Predikat Kota Layak Anak, Opini Wajar Tanpa Pengecualin (WTP) tanpa catatan, AMPL Award, Stabilitas Penanaganan Pemukiman Kumuh, Predikat Kota Berprestasi dengan DID Tertinggi, Penghargaan Energi Prabawa (Pengelolaan Gas Metan) dan TPA Terbaik se Asia Tenggara.

Prestasi Ir Hugua juga tak kalah mentereng. Dua periode memimpin Wakatobi, segudang prestasi berhasil ditorehkan. Salah satu bukti kesuksesannya adalah mampu menjadikan wisata Wakatobi jadi 10 Top Ten pariwisata nasional. “Semua pengalaman yang kami miliki akan dimanfaatkan untuk membangun Sultra,” ujar Hugua, minggu (7/1).

Selama ini dirinya sudah memiliki banyak jaringan dilevel internasional. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika memimpin Sultra nantinya. “Pastinya, kami sudah sangat siap untuk mengabdi untuk daerah dan masyarakat,” imbuhnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top