Pariwara
Kolaka Utara

19 Desa Ingin Mekar, Wabup Kolut Beri Pertimbangan

KENDARIPOS.CO.ID — Hingga kini, sudah ada 127 desa dan 15 kecamatan di Kolaka Utara (Kolut). Dengan kucuran dana dari pemerintah pusat yang besar hingga mencapai Rp 1miliar membuat ketertarikan sejumlah perangkat desa dan masyarakat untuk memekarkan wilayah tersebut. Usulan sejumlah pemekaran desa itu dibenarkan Wakil Bupati (Wabup) Kolut, H. Abbas.

Ia merespon positif hal tersebut, namun kembali mengajak berpikir maksud dari keinginan untuk mekar agar tidak sakedar ikut-ikutan atau hanya dimotivasi agar bisa mengelola dana desa. “Saya sudah konsultasi langsung ke pemerintah pusat dan tidak dilarang. Namun, meski mekar tidak bisa langsung diakui karena jelas sudah harus dipersiapkan juga untuk ploting dana desa,” ujarnya, Jumat (5/1).

Setidaknya, ada 19 desa yang mengajukan untuk mekar. Namun Abbas meminta hal tersebut dikaji terlebih dahulu. Alasan mekar yang pertama untuk mendekatkan pelayanan. Disamping itu jika bertambah 19 desa lagi, APBD yang akan digelontorkan dari Pemkab sebesar Rp 49 miliar itu akan dibagi pada sejumlah desa tersebut.

Sementara ada desa juga yang ingin mekar justru akses kantor pemerintahan lumayan dekat. “Ini orientasinya pasti DD. Saya bertanya balik, apa alasan mekar. Kalau tujuannya untuk mendekatkan pelayanan itu tentu bagus. Tetapi kalau itu di seputar wilayah Lasusua tentu tidak efektif karena pelayanan apa yang jauh,” imbuhnya.

Persoalan lainnya yang membuat Abbas memberi pertimbangan adalah, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) harus mengkaji ulang karena jangan sampai usai mekar terjadi kesenjangan. Sebab, desa induk belum tentu juga akan menjatahkan dananya untuk dibagi. Contoh saja pada salah satu kabupaten di Sultra, ada desa persiapan yang tidak mendapat alokasi dana.

Akibatnya, ada kesenjangan pembangunan terjadi. “Yang perlu mekar jika warga jauh dari akses pemerintahan karena mungkin luas wilayah. Saya belum temukan warga antri di kantor desa saat ada yang diurus, meski di Lasusua sekalipun,” sindirnya. Sebagaimana diketahui, kini sedang ramai wacana pemekaran di Kolut setelah dilangsungkan pelantikan 65 Kades tahun lalu. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top