Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Jankau 3T, BI Optimalkan Kantor Kas Titipan

KENDARIPOS.CO.ID — Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral berkewajiban dalam menjaga fundamental moneter Indonesia, salah satunya adalah melalui ketersediaan uang kepada seluruh masyarakat Indonesia. Sebab, jika ketersediaan uang semakin sulit, aktivitas perekonomian akan menjadi tumbalnya.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Bank Indonesia (BI) Suhaedi menjelaskan, pihaknya menyalurkan uang ke seluruh wilayah Indonesia melalui jalur darat, laut dan udara jika dibutuhkan.
Namun, karena hanya ada 44 kantor perwakilan BI yang hanya melayani perkasan, daerah-daerah terpencil tidak dapat terjangkau. Untuk mengatasinya, BI membuat tempat distribusi baru yang diberi nama kantor kas titipan. Kantor itu difungsikan khusus untuk menjangkau daerah-daerah terdepan, tertinggal dan terluar (3T).

Sebagai contoh, BI hanya memiliki kantor perwakilan di Jayapura dan Manokwari untuk wilayah Papua Barat. Sementara, Jayapura dan Manokwari memiliki jumlah desa dan kecamatan yang banyak. Melalui kantor kas titipan lah BI menyalurkannya.

“Aspek penting lainnya adalah distribusinya bagaimana dari Jakarta ke seluruh wilayah Indonesia sehingga dinikmati masyarakat. Kita harus mengirimkan uang ke seluruh kantor BI. Yang dikirimkan Rp 311,1 triliun,” ujarnya di Jakarta, Jumat (5/1). Kita tahu bahwa kepulauan RI sangat banyak dan luas. Oleh karena itu BI bersama perbankan dalam distribusi ini kita membuka kantor kas titipan. Karena hanya punya 44 sementara yang dilayani 515 wilayah makanya bekerja sama baik bank Himbara maupun BPD,” sambungnya.

Dengan keberadaan kantor kas, kata Suhaedi, maka BI memiliki 158 titik distribusi rupiah ke seluruh wilayah Indonesia. Jumlah tersebut dianggap cukup untuk memenuhi penyaluran rupiah untuk masyarakat Indonesia. (JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top