Pariwara
Politik

Terkait Dugaan Pelanggaran Pilkada, Panwas Panggil Pejabat ASN Kolaka

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 melarang ASN terlibat politik praktis. Sayangnya, masih saja ada oknum ASN yang terlibat dukung-mendukung pasangan calon (Paslon) seperti yang terjadi di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kolaka. Bila sebelumnya sembilan ASN harus berurusan dengan panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Kolaka, kini giliran seorang pejabat eselon II Pemkab Kolaka.

“Pejabat eselon II itu berinisial AA. Kami undang dia untuk memberikan klarifikasi karena kuat dugaan dia telah melakukan pelanggaran yaitu dengan melakukan politik praktis. Padahal statusnya saat ini masih sebagai ASN,” ungkap Iswanto, Anggota Panwaslu Kolaka pada Jumat (6/1).

Dugaan pelanggaran yang dilakukan AA kata dia, saat kegiatan sosialisasi di Kecamatan Watubangga dan Kecamatan Baula. Dalam sosialisasi tersebut, secara terang-terangan AA mengajak warga untuk memilih salah satu Bacabup pada saat pemungutan suara pada Juni mendatang.

“AA ini adalah salah satu Bacabup Kolaka. Tapi dia saat ini masih berstatus ASN. Sementara di dalam undang-undang (UU) nomor 5 tahun 2014 ASN tidak dibolehkan terlibat politik praktis,” jelasnya.

Iswanto mengatakan, dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh AA telah disampaikan Panwas ke sejumlah pihak yang berwenang. “Pelanggarannya kami sudah sampaikan ke Bupati Kolaka sebagai pembina ASN, Komisi Aparatur Sipil Negara, serta ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk ditindaklanjuti. Kami juga punya bukti dugaan pelanggarannya yaitu berupa video,” tandasnya.

Sebelum AA, Panwas Kabupaten Kolaka juga telah memanggil sembilan ASN lainnya yaitu HE, NU, AW, HA, RA, RI, AG, AK, dan MU. Sembilan ASN tersebut dipanggil oleh Panwaslu Kolaka untuk memberikan keterangan terkait dugaan pelanggaran asas netralitas ASN dalam pilkada dengan memosting dukungan kepada salah satu bacabup di facebook. AW juga merupakan salah satu pejabat di Pemkab Kolaka dengan jabatan Kepala Bagian. (b/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top