Pariwara
Politik

SK Mundur Harus Dikantongi Saat Penetapan Paslon

Sarmadan

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe mengingatkan agar pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati yang masih berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) ataupun anggota dewan untuk segera memproses surat pengunduran dirinya. Pasalnya, surat pengunduran diri menjadi syarat mutlak bila ingin memperoleh tiket bertarung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Konawe 2018.

Ketua KPUD Konawe, Sarmadan menjelaskan ASN yang akan mencalonkan diri sebagai kepala daerah harus mundur. Surat pengunduran dirinya harus sudah ada ketika akan ditetapkan sebagai pasangan calon kepala daerah. Hal itu sesuai ketetapan KPU mengenai penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018.

“Penetapan pasangan calon akan dilakukan pada tanggal 12 Februari 2018, jadi sebelum itu sudah harus disiapkan surat pengunduran dirinya,” terangnya.

Ketentuan tersebut sambungnya, telah tercantum dalam Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU nomor 1 tahun 2014 menyangkut pemilihan gubernur, bupati dan Walikota.

“Dalam UU yang baru ini, memang seperti itu. Bagi ASN dan anggota DPRD yang ingin mencalonkan diri jadi kepala daerah, harus melampirkan surat pengunduran saat mendaftar,” bebernya.

Pada saat pendaftaran calon tanggal 8 sampai 10 Januari kata Sarmadan, masing-masing kandidat sudah bisa menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai salah satu perayaratan wajib. Minimal sudah ada surat penyataan pengunduran diri.

“Jadi surat penyataannya harus dilampirkan. Paling tidak berkasnya sedang diproses dan sudah diterima oleh yang lembaga atau pimpinan yang berwenang. Misalnya kalau PNS maka diproses bupati, kalau bupati oleh gubernur dan anggota dewan oleh pimpinan dan sekretariat DPRD,” jelasnya.

Berkasnya yang diserahkan kata dia, selanjutnya akan diverifikasi. Ketika belum memenuhi syarat, KPU akan meminta untuk dilengkapi. Salah satu yang diperiksa yaitu surat permohonan pengunduran diri.

“Jika sampai penetapan Paslon belum ada SK-nya, maka kandidat tersebut tidak bisa diakomodir. Sesuai tahapan, penetapan Paslon akan ditentukan bulan Februari mendatang. Untuk itulah, KPU meminta agar surat pengunduran diri para calon harus segera diproses,” katanya mengingatkan.(b/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top