Pariwara
Konawe Utara

Ruksamin Launching Kain Tenun Konasara

Bupati Konut, Ruksamin dan wakilnya (baju putih) bersama sejumlah pengurus LAT dan Dekranasda foto bersama usai melaunching Kain Tenun Konasara, jumat (5/1). Foto: Helmin/ kendari pos

KENDARIPOS.CO.ID — Keinginan Ruksamin-Raup untuk mempromosikan Konawe Utara (Konut) di tingkat nasional maupun internasional cukup tinggi. Tak hanya potensi pariwisata Konut yang “dijual” keluar, namun sektor pertanian, kelautan dan pertambangan juga tak luput dari perhatian keduanya. Termasuk adat istiadat, budaya, kesenian hingga kain tenun menjadi bagian promosi daerah.

Sebagai langkah awal, keberagaman kain tenun yang dimiliki Konut dipromosikan. jumat (5/1), Bupati Konut Ruksamin didampingi wakilnya Raup dan sejumlah pengurus LAT melaunching kain tenun Konasara.

“Budaya di Konut sangat beragam. Tak hanya sektor pariwisata, adat dan budaya hingga tenunan khas Konut juga harus dijual. Ini dilakukan agar Konut bisa menjadi masa depan Indonesia,” ungkap Ruksamin.

Di Konut terdapat kain khas yang dimiliki. Yakni motif tenun Anawai Ngguluri. Alkisah Anawai Ngguluri merupakan cerita rakyat yang ada di Konut memiliki selendang dengan motif kain yang tidak dimiliki daerah lain. Motif Anawai Ngguluri itulah yang nantinya akan dipatenkan untuk dijadikan sebagai ciri khas tenunan Konut.

“Di daerah Wanggudu ada kain tenun yang motifnya Anawai Ngguluri, kainnya sudah lusuh. Itu nanti akan kita buatkan duplikatnya guna dipatenkan. Nanti kita bekerja sama dengan pihak maskapai penerbangan sebagai bahan promosi termasuk Dekranasda. Motif tenunan Anawai Ngguluri ini nanti dijadikan kain tenun Konasara,” imbuhnya. Launching kain tenun Konasara merupakan rangkaian kegiatan Festival Konasara. Sesuai jadwal, kegiatan ini akan ditutup hari ini, sabtu (6/1). (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top