Pariwara
Metro Kendari

Belum Ada Vendor, Grab Dilarang Mengaspal

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kehadiran taksi berbasis online atau yang lebih populer dengan sebutan Grab memang sudah legal di Sultra, menyusul keluarnya peraturan gubernur yang mengtur hal itu akhir Desember 2017 lalu. Namun, hingga saat ini belum ada satu pun vendor yang terbentuk sebagai syarat pengoperasian layanan angkutan sewa itu. Dishub pun mengeluarkan peringatan keras kepada mereka yang sudah aktif mengangkut penumpang. Sopir taksi Grab dilarang mengaspal karena belum ada izin operasinya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra, Hado Hasina membenarkan hal itu. Dia menegaskan warning itu tidak hanya ditujukan pada taksi online. Akan tetapi taksi konvensional juga banyak yang belum memiliki izin. “Di lapangan saling menyalahkan. Padahal dua-duanya belum lengkap,” ujar Hado Hasina kepada Kendari Pos, Jumat (5/1).

Lebih detail Hado Hasina menjelaskan, taksi online memang wajib mengantongi izin gubernur yang dikeluarkan melalui Dishub Provinsi Sultra. Demikian juga halnya dengan taksi konvensional. “Taksi konvensional ini sebenarnya tidak bisa ke bandara, karena itu sudah keluar daerah namanya, izinnya hanya dalam kota. Ada 600 lebih itu setahu kita. Makanya dua-duanya angkutan sewa ini kita minta sadar diri,” jelasnya.

Hado Hasina mengaku belum melakukan razia intens di lapangan karena banyak pertimbangan. Salah satunya masih memberikan waktu pada sopir untuk berinsiatif mengurus izin dimaksud. Mantan Sekda Buton Utara ini memastikan kelonggaran itu hanya sampai Februari mendatang. “Setiap Grab akan kita kasih stiker supaya ada tanda pengenalnya. Supaya ada tanda-tanda fisik,” tambahnya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top