Pariwara
Metro Kendari

Amankan Tahapan Pilgub, Pilbup dan Pilwali, Polda Sultra Kerahkan 1.000 Personel

Wakapolda Sultra memimpin apel gelar pasukan pengamanan (Pam) Pilkada. Para personel gabungan sudah dibekali dengan berbagai pelatihan untuk mengamankan Pilkada. Masyarakat diminta untuk ikut menyukseskan tahapan Pilkada tanpa gaduh. Tampak Wakapolda Sultra menyematkan pita operasi menandai operasi Pam Pilkada resmi di halaman kantor Gubernur Sultra, Jumat (5/1). Adwin Barakati/Kendari Pos

KENDARPOS.CO.ID — Kesiapan Polda Sultra mengamankan tahapan Pilgub dan Pilkada di 3 daerah di Sultra tak main-main. Polda Sultra mengerahkan sekira 1.000 personel gabungan polisi, TNI, Satpol PP dan instansi teknis lainnya.

Kesiapan teknis pengamanan (Pam) dimatangkan dalam apel gelar pasukan di halaman Kantor Gubernur Sultra, Jumat (5/1). Gelar pasukan gabungan di pimpin Wakapolda Sultra, Kombes Pol Winarto. Merujuk tema apel pasukan itu, personel Pam siap mengamankan Pilkada serentak di wilayah hukum Polda Sultra.

Kombes Winarto menegaskan jauh sebelumnya, personel gabungan polisi dan TNI sudah siap menghadapi pesta demokrasi ini. Pengamanan akan dilakukan mulai proses pencalonan hingga pemungutan suara. Dalam mengamankan jalannya tahapan Pilkada, polisi akan terus berkoordinasi dengan KPU Sultra, KPU daerah dan seluruh stakeholder yang terlibat dalam Pilkada. “Pola pengaman yang kami terapkan sudah bulat. Setiap tahapan ada pengamanan. Artinya, dimana ada kegiatan KPU dan Bawaslu, kami akan kawal,” ujar Wakapolda Sultra, Kombes Winarto, jumat (5/1).

Kombes Winarto menegaskan dalam proses pengamanan nanti, dia meminta kepada setiap personel memantau titik-titik rawan agar tidak kecolongan. Kombes Winarto menambahkan pihaknya telah memetakan beberapa daerah-daerah memang rawan.

Kondusifnya setiap tahapan pilkada bukan hanya tanggung jawab personel Polri dan TNI tetapi seluruh masyarakat Sultra, termasuk para kontestan di Pilkada. Untuk itu, Kombes Winarto meminta seluruh elemen untuk ikut menjaga Kamtibmas dan mengikuti Pilkada secara demokratis. Masyarakat meski menghadapi pesat demokrasi ini dengan aman dan damai. “Diperlukan kesadaran masyarakat untuk menampilkan sikap dan etika politik yang santun agar proses pilkada ini berjalan dengan baik,” tegas Kombes Winarto.

Dengan berbekal pelatihan rutin terkait pengamanan pilkada, dia berharap para personel mengamankan pilkada hingga seluruh proses tahapan selesai dan tidak ada konflik. “Saya harapkan, masyarakat bersikap baik dan santun dalam memilih. Tidak usah membuat hal-hal yang tidak kondusif,” pinta Kombes Winarto.

Apel gelar pasukan jumat (5/1), dihadiri Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh, Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu, Ketua KPU Sultra, Hidayatullah dan pejabat Pemprov Sultra. Gelar pasukan diikuti anggota Polri, TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Satpol PP. (ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top