Pariwara
Politik

Tiga Paslon Bergilir Mendaftar Ke KPU

Sarmadan

KENDARIPOS.CO.ID — Pendaftaran pasangan calon (Paslon) pemilihan bupati (Pilbup) Konawe periode 2018-2023 akan dibuka selama tiga hari mulai 8 sampai 10 Januari 2018. Sejauh ini, ada tiga Paslon yang telah menyatakan diri siap mendaftar, yakni pasangan Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara (KSK-GTS), H. Litanto dan Murni Tombili (Berlian Murni), serta pasangan Irawan Laliasa dan Adi Jaya Putra (Berhijrah).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe, Sarmadan menyebutkan bahwa KSK GTS akan mendaftar pada senin (8/1) pagi, disusul Berlian Murni pada Selasa (9/1) pagi. Pada hari terakhir, giliran Berhijrah yang akan mendaftar. “Sepengetahuan saya, baru tiga paslon ini yang mengkonfirmasi bakal melakukan pendaftaran. Jadi, setiap hari kita menerima Paslon,” terangnya kamis (4/1).

Untuk paslon independen Muliati Saiman dan Ir. Mansur kata Saramadan, hingga saat ini belum ada konfirmasi pendaftaran kepada penyelenggara. “Setahu saya cuma tiga yang konfirmasi, tapi nanti saya akan cek kembali ke divisi teknis, kalau memang ada paslon lain lagi,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk mendaftar Paslon wajib membawa bukti dukungan usungannya. Bila didukung oleh partai politik (Parpol), maka syarat minimalnya dalam hitungan kursi DPRD sebanyak 20 persen, atau 6 kursi untuk DPRD Konawe. Sedangkan, untuk calon independen adalah dukungan berupa kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) minimal 16.677 e-KTP, atau 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) saat pemilihan presiden (Pilpres) beberapa tahun lalu.

“Nah, untuk paslon berstatus ASN, jangan lupa membawa surat pernyataan pengunduran diri dari statusnya. Minimal surat pernyataan, dan SK pengunduran dirinya akan ditunggu sampai waktu penetapan paslon, Februari mendatang,” pungkasnya.(b/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top