Pariwara
Hukum & Kriminal

Polres Konawe Selamatkan Rp 388 Juta Uang Negara

Kasat Reskrim Polres Konawe, Iptu Rachmat Zam Zam

KENDARIPOS.CO.ID — Sepanjang 2017 lalu, Satuan Reskrim Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Konawe berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp 388.037.549 dari total kerugian negara sekira Rp 900 juta. Penyelamatan uang negara tersebut berasal dari perkara penyelidikan bantuan sosial (Bansos) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Konawe tahun anggaran 2016, dan bantuan Padat Karya Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Konawe tahun anggaran 2014.

Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar melalui Kasat Reskrim Iptu Rachmat Zam Zam menyebutkan jumlah kasus korupsi yang ditangani Polres Konawe sepanjang tahun 2017 sebanyak 6 kasus. “1 kasus sudah selesai perkara. 2 kasus dalam tahap penyidikan, 1 kasus masih dalam penelitian berkas di Kejaksaan Negeri Konawe, dan 2 kasus dalam tahap pengembalian uang negara dengan persentase 45 persen,” ujar AKBP Muh.Nur Akbar seperti di kutip Iptu Rachmat Zam Zam, Kamis (4/1).

Kasus yang tengah diteliti di Kejari Konawe adalah dugaan korupsi PNPM Latoma sejak 2013. Kemudian, yang sudah dinyatakan lengkap oleh jaksa adalah dugaan korupsi dana rutin, kegiatan pelatihan wasit dan atlet berprestasi, serta bina pramuka 2014 di Dispora Konawe Utara. Mantan Kepala Dispora Konut, Nasruddin sudah ditetapkan tersangka. Lalu, ada 2 kasus dugaan korupsi dana Desa Puusuli dan Desa Andadowi sedang dalam proses penyelidikan. “Dana bansos dan bantuan padat karya sudah dilakukan pengembalian, sehingga tidak akan dinaikan ke sidik,” ungkap Iptu Rachmat Zam Zam.

Menurutnya, pengembalian uang negara tersebut merupakan salah satu fokus Polri dalam menyelamatkan keuangan negara, sekaligus memberantas pelaku tindak pidana korupsi yang menyalahgunakan atau menggelapkan uang negara. “Ini program dari Mabes Polri supaya menyelamatkan uang negara sebanyak-banyaknya, sekaligus mengusut tuntas pelaku korupsi,” pungkas Iptu Rachmat Zam Zam. (hel/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top