Pariwara
Konawe Utara

Parade Kapal Hias Nelayan di Festival Konasara Konut Pukau Pengunjung

KENDARIPOS.CO.ID — Pantai Taipa, di Kecamatan Lembo, Konawe Utara tampak ramai, (4/1). Tidak seperti biasanya, beberapa kapal terlihat dipoles berbeda, sehingga kelihatan lebih menarik. Kapal-kapal dengan segala pernak-perniknya itulah yang menarik perhatian pengunjung pantai. Ternyata memang ada parade kapal hias nelayan.

Mereka seperti tak mau ketinggalan untuk memeriahkan acara Festival Konasara sebagai rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-11 Konut. Meski hanya lima buah kapal, namun tetap membuat decak kagum yang melihatnya. Bupati Konawe Utara Ruksamin didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dedy Rianto menyambangi satu persatu kapal hias yang sementara sandar di perairan tepi Pantai Taipa. “Festival Konasara ini turut dimeriahkan dengan parade kapal hias yang dilakukan nelayan asal Konut. Ini menandakan antusias nelayan menyambut HUT Konut begitu tinggi. Mereka memberikan kontribusi positif bagi daerah,” puji Ruksamin.

Dalam parade kapal hias itu, lima kapal nelayan dengan aksesori yang sudah dipoles sedimikian rupa memberikan nuansa yang indah dilihat. Sejumlah pengunjung yang memadati lokasi itu tak menyia-nyiakan kesempatan mengabadikan momen langka tersebut. Tak hanya mengapresiasi antuasme warga, Ruksamin juga memuji kreativitas para nelayan dalam “meracik” kapalnya sehingga tampil begitu indah.

“Ada lima kapal yang mengikuti parade kapal hias ini. Masing-masing perwakilan dari nelayan asal Kecamatan Lasolo, Lasolo Kepulauan, Molawe dan Kecamatan Sawa,” jelas Dedy Rianto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Konut. Tujuan parade kapal hias ini, kata mantan Kabag Ekonomi itu untuk memeriahkan HUT Konut yang dirangkaikan dengan Festival Konasara. “Ini juga bagian dari inovasi nelayan dalam menyalurkan bakat seninya. Atribut kapal yang dipoles memberikan kesan keindahan tersendiri bagi nelayan maupun pengunjung,” ungkapnya.

Dia menambahkan, parade kapal hias yang ditampilkan nelayan Konut merupakan bagian dari promosi wisata bahari. Makanya ke depan, agenda perahu kapal hias akan dijadikan kegiatan rutin tahunan. “Untuk kali ini kapal hias dibiayai sendiri oleh nelayan atas swadaya para nelayan. Kita rencanakan bisa diback up SKPD,”tuturnya. Pemenang kapal hias ini akan diumumkan saat penutupan Festival Konasara, 6 Januari mendatang. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top