Space Iklan
Pariwara
Olahraga

Bermasalah Kepemilikan Lahan, Stadion Lakidende Urung Direhabilitasi

Stadion Lakidende Kota Kendari saat ini kondisinya memperihatinkan akibat terjadi sengketa kepemilikan lahan.

KENDARIPOS.CO.ID — Hingga saat ini Sultra belum memiliki satu stadion yang representatif sebagai wadah pembinaan olahraga sepak bola. Keberadaan stadion Lakidende belum bisa diandalkan. Pemerintah Provinsi Sultra sudah lama berencana merehabilitasi stadion Lakidende, namun sampai hari ini itu belum terealisasi. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sultra, Jaya Bakti menuturkan rehabilitasi stadion Lakidende urung dianggarkan dalam APBD tahun 2018 sesuai perencanaan semula. Sebab, lahan tersebut masih dalam masalah klaim kepemilikan. Pemprov pun masih membangun komunikasi persuasif dengan mereka yang mengaku memiliki kekuatan hukum atas lahan seluas kurang lebih 3 hektar itu.

“Anggaran rehabilitasi belum diusulkan. Lahan Lakidende belum dibebaskan, masih diupayakan. Karena masuk tanah sengketa, kita terus membangun komunikasi dengan para pihak yang secara hukum ada yang mengklaim sebagai pemilik lahan. Supaya memberikan ruang untuk Pemda, karena itu untuk publik,” ujar Jaya Bakti, Kamis (4/1).

Anggaran baru akan disiapkan jika lahan itu sudah bebas tanpa sengketa. Itu bisa saja di anggaran Perubahan atau APBD 2019. “Kita memang punya rencana mau membenahi stadion itu, makanya kita tunggu dulu sampai masalahnya selesai,” tambah Jaya Bakti. Terkait rencana Pemprov membangun stadion baru melalui kerjasama dengan PT. Aneka Tambang Pomalaa, itu juga masih menunggu realisasi komitmen. “Soal kapan, saya belum bisa memberi keterangan lebih lanjut. Karena Dinas Energi Sumber Daya Mineral dan Dinas PU yang tahu itu,” tukas Jaya Bakti.
Meski belum dipastikan kapan pembangunannya, soal lokasi sudah ditetapkan jika akan ada stadion baru yakni diarea Nanga-nanga. “Konsepnya tetap Nanga-nanga. Kita dorong supaya ini secepatnya terealisasi,” tutupnya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top