Pariwara
Politik

Balon Berstatus PNS Wajib Mundur Sebelum Pencoblosan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Bakal pasangan calon (Balon) Walikota Baubau sudah harus menyiapkan berbagai kelengkapan administrasi pencalonanya. Hal itu dikarenakan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Baubau akan segera membuka tahap pendaftaran. Sesuai jadwal, pendaftaran tersebut akan dilakukan selama tiga hari mulai tanggal 8 s.d 10 Januari 2018.

Devisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Parmas KPUD Kota Baubau, Namnun Laidu mengatakan kelengkapan administrasi merupakan syarat penting dan utama bagi setiap Balon yang mendaftarkan diri untuk lolos menjadi peserta Pilwali. Makanya, setiap Balon diharapkan suda harus menyiapkan segala kelengkapan tersebut sebelum mendatangi kantor komisioner untuk mendaftar.

“Pokoknya segala administrasi syarat pencalonan yang telah ditetapkan sesuai ketentuan KPU RepubIik Indonesia (RI) wajib untuk dipenuhi. Termasuk soal administrasi dukungan Partai Politik (Parpol) maupun Surat Keterangan (SK) pengunduran diri bagi Balon yang berstatus PNS dan TNI/Polri,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya kamis (4/1).

SK pemunduran diri Balon Walikota dan Wakil Walikota Baubau kata dia, tidak mesti disetor pada saat pendaftaran. Sebab, batas akhir untuk menyetor syarat yang mempertegas status pemuduruan diri sebagai abdi negara tersebut, paling lambat sebelum hari H pencoblosan atau pemungutan suara dilakulan.

“Meski demikian, bagi Balon yang berstatus PNS, TNI/Polri sudah harus mulai mengurus SK tersebut. Terlebih lagi, balon yang berhasil lolos sebagai calon peserta pemilu yang akan diumumkan pada 12 Februari 2018. Karena proses untuk mendapatkan dokumen pemunduran diri itu memiliki proses yang cukup lama untuk mendapatkanya,” ucapnya.

“Tetapi kalau sudah ada Balon Walikota dan Wakil Walokita berstatus PNS, TNI/Polri yang memiliki SK pengunduran diri untuk disetor pada saat pendaftaran nanti, tidak masalah. Lebih cepat lebih baik,” sambung Namnun Laidu.

Sementara itu, Ketua KPUD Baubau, Dian Anggraini mengungkapkan, pihaknya bersama seluruh stakeholder dan instansi terkait telah siap untuk mengsukseskan segala tahapan dalam penyelenggaraan Pilwali Baubau. Pihak TNI/Polri siap mengamankan seluruh tahapan penyelenggaraan. Begitu pula dengan satkeholder lainya, semua siap untuk mengawal dan mengsukseskan pesta demokrasi Baubau.

“Belaum lama ini, kita telah menyelenggarakan rapat koordinasi bersama Panitia Pengawas Pemilihan Kota Baubau, Kepolisian Resort Baubau, Komando Distrik Militer 1413 Buton, Ikatan Dokter Indonesia Kota Baubau, dan instansi pemerintah terkait lainnya. Seluruh kesiapan penyelenggaraan Pilwali Baubau telah kita bahas,” pungkasnya.

Untuk diketahui Balon Walikota Baubau yang berstatus PNS, TNI/Polri dan anggota DPRD ada lima nama. Mereka adalah, Anggota DPRD Sultra, Iksan Ismail, Ketua DPRD Kota Baubau, Roslina Rahim, Wakil Ketua DPRD Baubau, La Ode Yasin Mazadu dan AKBP Ilyas. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top