6 Januari, Hasil Verifikasi Parpol Diserahkan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

6 Januari, Hasil Verifikasi Parpol Diserahkan

Verifikasi Faktual : Ketua KPU Koltim, Darwis (paling kanan) dan rekannya Adly Yusuf Saepi (tengah) saat melakukan verifikasi faktual di kantor Sekretariat DPC Partai Demokrat Koltim beberapa waktu lalu. Foto: Kusdin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melakukan pengecekan lapangan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka Timur (Koltim) akhirnya merampungkan tahap verifikasi faktual. Bahkan KPUD Koltim telah mengagendakan penyerahan hasil verifikasi 12 partai politik (Parpol). Sesuai jadwal, hasil penelitikan berkas, keanggotaan dan kepengurusan Parpol akan diserahkan paling lambat tanggal 6 Januari 2017.

“Dalam beberapa hari ini, hasilnya akan diserahkan ke Parpol atau LO-nya,” beber Adly Yusuf Saepi, Komisioner KPU Koltim saat ditemui kamis (4/1).

Koordinator Devisi Partai Politik dan Hukum ini berharap temuan dan catatan KPU terkait hasil verifikasi faktual ini segera diperbaiki. Parpol memiliki masa waktu perbaikan selama 13 hari terhitung setelah berakhir masa pengembalian berkas verifikasi.

“Kami minta agar pengurus dan pimpinan Parpol lebih pro aktif menidaklanjuti beberapa temuan KPU. Kalau sudah selesai segara diserahkan ke penyelenggara untuk divalidasi,” kata alumni Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ini.

Untuk saat ini, hasil verifikasi yang dilakukan KPU belum bisa disampaikan. Hasil verifikasi baru akan dipublis setelah penyerahan. Namun secara umum, poin-poin yang menjadi prioritas verifikasi faktual telah terpenuhi. Misalnya soal keanggotaan partai yang jumlahnya telah mencapai batas minimal sebanyak 119 anggota. Demikian halnya dengan keterwakilan 30 persen kaum perempuan di kepengurusan parpol dan alamat domisili kantor sekretariat.

“Kalau soal keanggotaan partai, jumlahnya sudah mencapai 119 orang bahkan lebih batas minimal. Keterwakilan perempuan 30 persen ada, domisili kantor juga lengkap. Namun masih ada KTA parpol yang berbeda dengan KPT-elnya,” jelasnya.

Setelah Parpol melakukam perbaikan, selanjutnya KPU akan mengelar pleno ulang terkait penetapan hasil perbaikan. Data ini selanjutkan akan dilaporkan ke KPU RI melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Nah, nantinya KPU RI yang akan menentukan apakah kepengurusannya memenuhi syarat atau tidak. Jadi kami hanya menyampaikan hasil verifikasi sesuai PKPU saja” tandasnya. (b/kus).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top