Pariwara
Politik

Tim Seleksi Anggota Bawaslu Sultra Terbentuk

KENDARIPOS.CO.ID — Masa jabatan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra akan berakhir pada bulan April 2018. Untuk itulah, Bawaslu RI mulai mempersiapkan tim seleksi (Timsel). Berdasarkan hasil penjaringan, Bawaslu RI telah menetapkan lima anggota Timsel yang ditugaskan mencari tiga komisioner. Kelima Timsel tersebut yaitu, Musyida Arifin S.Sos MSi, Prof Dr H Nasruddin Suyuti MSi, Syahrul SPdi MPd, Prof Dr Irwansyah SH MH dan Sahrina Safiudin SH LL.M.

“Saya bersama Timsel lainnya telah mendapat mandat beruka SK penunjukan. Dalam waktu dekat, kami berlima akan segera bertemu sekaligus melakukan koordinasi untuk memulai menjalankan amanah tersebut,” kata Prof Dr H Nasruddin Suyuti MSi, Timsel Anggota Bawaslu Sultra saat dihubungi melalui teleponnya saat dihubungi Kendari Pos, Rabu (3/1/2017)

Untuk pertemuan pertama kata dia, Timsel akan memilih ketua. Setelah itu, tim akan mempersiapkan segala hal dalam proses tahapan dalam perekrutan nantinya. Hingga kini, pihaknya atau timsel belum menerima jadwal perekrutan anggota Bawaslu Sultra. Namun berdasarkan informasi, bulan Januari ini tahapannya sudah dimulai. “Jadi, terlebih dahulu kita rapat memilih ketua Timsel lalu bahas tahapan. Bagi yang berminat, saya minta untuk segera mempersiapkan diri. Meski belum ada jadwal, namun bulan Januari ini tahapannya akan dimulai. Makanya, berkas persyaratannya harus disiapkan,” kata dosen pascasarjana UHO ini.

Dirinya sadar, Timsel mengemban amanah yang tidak gampang. Olehnya itu, mandat ini akan dijalankan dengan penuh tanggungjawab sehingga bisa menghasilkan anggota Bawaslu Sultra yang amanah pula. “Tentu kita mencari calon yang memiliki kemampuan dalam bidang kepemiluan dan pengawasan yang berintegritas, netralitas dan profesional tinggi,” jelasnya.

Berdasarkan pengumuman resmi Bawaslu RI, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar. Diantaranya, memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan Pemilu. Selain itu, pendaftar harus memiliki integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, adil hingga setia pada pancasila dan UUD 1945 serta batas minimal pendaftar 35 tahun.

Saat dikonfirmasi Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengatakan masa jabatan dirinya bersama dua komisioner lainnya akan berakhir pada April 2018. Kendati demikian, tugas pengawasan yang dilakukan Bawaslu tetap dimaksimalkan. “Benar, tugas Bawaslu di periode ini tidak sampai pada pelaksanaan Pilgub Sultra maupun Pilkada di tiga daerah. Namun kami tetap berusaha bekerja optimal agar tahapannya ini berjalan sesuai ketentuan,” katanya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top