Tambah Libur, 20 Persen Pegawai UHO Disanksi – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Tambah Libur, 20 Persen Pegawai UHO Disanksi

Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos
PNS Wajib Upacara: Pegawai Negeri Sipil lingkup UHO saat mengikuti upacara di pelataran Rektorat Kampus Baru, beberapa hari lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Sekira 20 persen Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Universitas Halu Oleo (UHO), baik dosen maupun tenaga administrasi, bolos pada hari pertama aktif berkantor tanggal 2 Januari lalu. Data diperoleh berdasarkan sidak yang digelar Biro Administrasi, Umum dan Keuangan (BAUK), Selasa (2/1) lalu. Ini adalah kenyataan yang cukup mencengangkan. Kendatipun telah diberi jatah libur cukup panjang namun masih ada saja yang membandel. Maka untuk memberikan efek jera, mereka yang bolos dipastikan kena sanksi tegas.

Kepala Biro Administrasi, Umum dan Keuangan UHO, LM. Rafiuddin, MSi. mengatakan, sesuai dengan ketentuan UHO telah meliburkan seluruh staf dan dosen mulai tanggal 25-26 Desember lalu masuk pada tanggal 2 Desember. Namun sayangnya, waktu libur yang sangat panjang ternyata belum cukup bagi mereka yang membandel. Secara total, jumlah tenaga pendidik (dosen) mencapai 1.112, namun yang hadir hanya 70 persennya saja atau sebanyak 560an orang.

“Nah yang tidak hadir adalah 300an dosen dan dalam waktu tiga sampai empat hari bakal ketahuan siapa yang benar-benar tidak masuk karena menjalankan kegiatan tridharma dan siapa yang memang bandel. Tidak bisa dipungkiri, beberapa diantara dosen yang tidak hadir adalah mereka yang tengah menjalani studi. Jadi ada pengecualian,” urainya.

Sementara tenaga administrasi berjumlah 498 orang. Yang hadir di hari pertama sebanyak 467 staf dan yang tidak hadir 31 orang atau kurang dari 10 persen. Berbeda dengan ketidakhadiran dosen yang masih harus lewat penelusuran, tenaga adminitrasi tidak hadir di hari pertama mutlak dianggap melanggar peraturan jika tanpa alasan yang bisa diterima.

“Beberapa staf menyampaikan ke saya. Ada yang masih sakit, ada yang masih di kampung dan lain-lain. Namun sekali lagi saya tegaskan, tidak ada alasan untuk tidak hadir setelah kami berikan libur yang cukup panjang. Saya tidak terima alasan. Kalau sakit ya saya tunggu surat keterangan dokter dan kalau tidak ada maka sanksi siap menanti,” tegas Rafi (sapaan akrab).

Jadi, pada pagi hari (2/1), jajaran personil BAUK sengaja diturunkan ke seluruh unit dan absensi sudah dikumpulkan seluruhnya. Bahkan sudah dibuat rekapitulasi. Makanya langsung diperoleh data akurat, mencapai 20 persen PNS UHO tidak masuk kantor. Ini akan segera dilaporkan ke Rektor.

Adapun sanksi sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010. Itu dimulai dari sanksi teguran tertulis sampai pengurangan atau pemotongan remunerasi. Perlu diketahui, mulai tahun 2017 lalu, baik dosen maupun tenaga administrasi, sudah dibayarkan remunerasi. Remonerasi dihitung berdasarkan kinerja dan kehadiran. Jadi, walaupun kinerjanya baik tapi malas tentu saja remunerasi akan dikurangi.

“Jadi sejak Agustus-Desember 2017 sudah dibayarkan semua remunerasinya, dengan dana yang bersumber dari penerimaan negara bukan pajak. Inilah salah satu yang siap dikurangi jika bandel,” ungkapnya.

Sejatinya, dibayarkannya remunerasi adalah untuk kedisiplinan PNS. Supaya mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik, agar layanan bagi mahasiswa betul-betul jadi prioritas. Makanya ketika seluruh mahasiswa sudah masuk kuliah, maka digelarlah sidak demi memantau dosen dan staf.

Ia pun mengimbau, agar seluruh PNS lingkup UHO patuh pada aturan yang telah ditetapkan. Pasalnya, pemerintah telah mencurahkan seluruh perhatian untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Diberi hak yang sangat sesuai, mulai dari libur, gaji, tunjangan sampai remunerasi dan lainnya. “Sebagai balasan yang setimpal maka jalankanlah tugas dengan sebaik-baiknya,” pesan pria paruh baya ini.

Tahun 2017 harus dijadikan sebagai bahan introspeksi diri, disitu ada kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki dan diarahkan ke yang lebih baik pada tahun 2018. Harapan terbesarnya, tahun 2018 kinerja seluruh staf dan dosen akan lebih baik daripada tahun lalu. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top