Pariwara
Buton Selatan

Retribusi Parkir Obyek Wisata di Busel Disoroti

WAODE AMALA/KENDARI POS
Sekab Busel, La Siambo (depan) didampingi Kapolsek Batauga, Iptu Setiyono saat menerima massa di kantor bupati.

KENDARIPOS.CO.ID — Praktik pungutan liar (Pungli) di kawasan wisata permandian Kabura-burana, Buton Selatan (Busel) kini disoroti. Sekelompok mahasiswa baru saja mempersoalkan penarikan retribusi tanpa payung hukum jelas di destinasi tersebut. “Pungutan-pungutan ini tidak dilandasi peraturan daerah. Makanya bisa dikategorikan Pungli. Hasil pungutan ini dimanfaatkan untuk apa. Sementara sudah jelas yang berwenang mengelola destinasi wisata ini adalah Dinas Pariwisata,” sorot Perwakilan massa, Sukriawan Suhada, rabu (3/1).

Ia berharap, pemerintah bersikap tegas dan tak melakukan pembiaran. Sementara itu Sekretaris Kabupaten (Sekab) Busel, La Siambo, menegaskan, pemerintah belum mengeluarkan retribusi, karcis atau instruksi adanya pungutan biaya parkir di tempat wisata permandian Kabura-burana. Pihaknya juga belum membuat Perda. “Makanya, Pemkab tidak bisa memungut biaya apapun karena belum ada dasar Perdanya,” terang La Siambo.

Kepala BPD Lawela Selatan, Hasiadi, membenarkan adanya pungutan itu. Argumennya, penarikan retribusi parkir dilakukan mengacu pada peraturan desa (Perdes). Penetapannya disepakati dan dihadiri camat, pihak Dinas Pariwisata, Ketua BPD dan tokoh masyarakat. “Perdesnya nomor 2 tahun 2017 tertanggal 8 juli 2017 tentang pungutan desa pariwisata Kabura-burana. Pertemuannya di kantor Desa Lawela Selatan,” jelasnya, rabu (3/1).

Dengan dibentuknya Perdes, banyak menguntungkan pihak pengunjung sehingga keamanan dan kenyamanan terjaga. “Sebelum adanya Perdes, kendaraan seperti motor, hilang. Bahkan ada empat unit. Tetapi setelah ada retribusi, alhamdulillah tidak ada lagi yang kehilangan, karena dijaga petugas parkir,” terangnya. (b/m2)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top