Pariwara
Politik

Pendaftaran Cagub Mulai 8 Januari, KPU Minta Calon Lengkapi Persyaratan

Rapat Persiapan : Ketua KPU Sultra, Hidatullah (tengah) bersama komisioner lainnya dan staff lingkup KPU Sultra bersama dalam rapat persiapan penerimaan pendaftaran Bapaslon gubernur dan wakil gubernur Sultra. Foto : Marwan Abidin / KENDARI POS

KENDARIOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra terus mempersiapkan diri menghadapi pendaftaran pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Sultra. Tidak hanya menyangkut kesiapan personil, namun juga sarana yang menjadi tempat menerima berkas Paslon. Sesuai jadwal, KPU akan menerima berkas Paslon di aula Husni Kamil Manik kantor KPU Sultra mulai tanggal 8-10 Januari 2018.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan pendaftaran bakal Paslon akan digelar selama tiga hari. Hal itu tertera dalam keputusan KPU Sultra bernomor 421/PL.03.2-PU/74/PROV/XII/2017 tentang pendaftaran bakal pasangan calon dari parpol atau gabungan parpol dalam pilgub periode 2018-2023. Landasan KPU mengacu pada pasal 38 ayat (1) PKPU Nomor 3 tahun 2017 sebagaimana diubah dengan PKPU Nomor 15 tahun 2017. “KPU terus mematangkan persiapan pendaftaran. Alhamduillah, secara keseluruhan kami sudah siap,” kata mantan Ketua KNPI Sultra ini ditemui usai menggelar rapat koordinasi persiapan penerimaan pendaftaran paslon gubenur dan wakil gubernur, Rabu (3/1).

Sejauh ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai stakeholder. Termasuk telah mengundang KPK untuk bagaimana proses mengisi LHKN bakal calon tersebut. Pendaftaran Bapaslon akan dimulai pukul 08.00 s.d 16.00 Wita. Pada hari terakhir, masa pendaftaran ditutup hingga pukul 24.00 Wita. “Sampai saat ini sudah ada yang menyampaikan akan mendaftar baik secara lisan maupun tertulis, ada juga melalui LO. Ada yang hari pertama ditanggal 8 itu maupun tanggal 9 dan 10,” tambahnya.

Pria yang akrab disapa Dayat ini berharap agar semua calon menyiapkan seluruh persyaratan pencalonan. Karena tidak ada calon independen, maka hitungannya berdasarkan jumlah kursi di DPRD Sultra. Untuk bisa diakomodir, Paslon harus memiliki dukungan minimal 9 kursi dari 45 kursi di DPRD Sultra. “Dukungan Parpol itu harus ditandatangi oleh Ketua umum bersama Sekjen yang kepengurusannya ini di SK kan oleh Kemenkumham. Dan syarat calon diantaranya adalah surat pernyataan, LHKPN, termasuk tes kesehatan untuk masing-masing calon,” jelasnya.

Setelah tahapan ini kata Dayat, akan dilakukan tes kesehatan. Pada tahapan ini, KPU bekerjasama dengan IDI Sultra, BNN Sultra, dan HIMPSI Sultra. Ada tiga tahapan yang akan dikuti Bapaslon yakni tes kesehatan, tes urin dan tes psikologi. “Tesnya itu dari 8-15 Januari 2018,” tambahnya. (c/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top