Pariwara
Wakatobi

Pemilik Kartu JKN di Wakatobi, tak Perlu KIS Bersinar

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2019 mendatang, seluruh masyatakat Wakatobi ditargetkan mengantongi kartu jaminan sosial kesehatan secara universal. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi saat ini tengah mengupayakan mengumpulkan seluruh data masyarakat baik yang telah mengantongi jaminan kesehatan nasional (JKN), Jamkesda, BPJS mandiri maupun Kartu Indonesia Sehat (KIS) Bersinar. Warga yang telah mengantongi JKN diharap tak lagi mengurus BPJS KIS bersinar.

Di Wakatobi, tidak sedikit warga yang menerima jaminan sosial kesehatan secara ganda. Selain mengantongi JKN, warga kurang mampu juga menerima kartu BPJS KIS Bersinar dari pemerintah daerah. Padahal, ribuan warga lainnya bahkan belum memiliki jaminan kesehatan apapun baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi, Aslaman Sadik mengungkapkan target universal kepemilikan jaminan kesehatan dari Bupati Wakatobi mulai dimaksimalkan. Penyaluran KIS Bersinar menjadi prioritas yang harus dituntaskan, utamanya bagi warga miskin. Sayangnya, masih ada saja tak tepat sasaran atau diberikan pada warga yang sudah memiliki jaminan sosial kesehatan lainnya.

“Tahun 2019 target secara universal. Kalau sudah memiliki JKN, Jamkesda, BPJS mandiri maka KIS bersinar yang disalurkan selama ini kami imbau agar dikembalikan karena fungsinya sama saja,” ungkapnya, rabu (3/1).
Aslaman menambahkan, diperkirakan setengah dari jumlah penduduk di Wakatobi sesuai data tahun 2017 sebanyak 110.303 jiwa telah mengantongi jaminan kesehatan. Artinya, lebih dari 60 ribu jiwa baik masyarakat miskin, menengah dan atas telah memiliki berbagai kartu jaminan pelayanan kesehatan ini.

“Target Pak Bupati, tahun 2019 semua warga Wakatobi sudah miliki kartu jaminan sosial di bidang kesehatan ini. Makanya warga miskin sementara kita verifikasi untuk diberikan KIS Bersinar,” sambung Aslaman. Ia juga berharap, pihaknya mendapat bantuan dari seluruh aparatur desa serta kelurahan di Wakatobi dalam melakukan verifikasi data masyarakat khususnya yang kurang mampu dan belum memperoleh jaminan kesehatan apapun. (b/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top