Pariwara
Buton Utara

PAD Butur Capai Rp 12 M

KENDARIPOS.CO.ID — Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Buton Utara (Butur) tahun 2017 sebesar Rp 12 miliar. Angka itu diklaim cukup baik, meski tak ada tren peningkatan. Jumlahnya masih sama pada tahun sebelumnya. Sektor pajak, galian C, penerbitan izin dan pungutan retribusi masih menjadi penyumbang terbesar.

Selain itu, terjadi tren positif pendapatan satuan kerja perangkat daerah yang rata-rata hampir mencapai proyeksi. Badan Keuangan Daerah (BKD) Butur mencatat, target pendapatan asli daerah menyentuh angka 84 persen. Kepala BKD Butur, Tasir, menuturkan, capaian pendapatan asli daerah itu cukup bagus, karena tak terjadi kemorosotan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Kinerja satuan kerja perangkat daerah penyumbang penghasilan daerah harus terus digenjot terutama pada sektor yang menangani pajak bumi dan bangunan, pungutan retribusi dan galian C.

Untuk tahun 2018, Tasir optimis PAD Butur bisa ditingkatkan. Pasalnya, terdapat beberapa peraturan daerah (Perda) baru disahkan. Mulai dari regulasi yang mengatur adanya pungutan retribusi parkir dan pembangunan menara. Meski begitu, mantan Kepala DPMD Butur belum bisa memproyeksi target PAD 2018. Hanya saja, trennya bisa dinaikkan.

“Potensi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah sangat besar. Hanya saja, masih terbentur peraturan daerah yang belum disahkan. Sehingga untuk mendulang PAD masih belum maksimal,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top