Pariwara
Konawe Utara

Melihat Kemeriahan Festival Konasara 2018, Wisatawan Korsel Ikut Upacara HUT ke-11 Konut

Presiden Direktur PT MBG Nikel Indonesia, Mr Lim Dongpyo (tengah bertopi berpakaian adat) dan Komisaris Utama MDG Nikel Indonesia, Mrs Jang Kongsoo (tengah berpakain adat) beserta anggota MBG Nikel Indonesia pose bersama seusai upacara HUT Konut.

KENDARIPOS.CO.ID — Upacara hari ulang tahun (HUT) ke-11 Konawe Utara (Konut) di Desa Taipa, Selasa (2/1) begitu istimewa. Betapa tidak, pesertanya bukan saja utusan berbagai paguyuban suku Nusantara yang ada di Konut, ratusan wisatawan Korea Selatan (Korsel) juga mengikuti upacara yang berlangsung di lapangan Desa Taipa, Kecamatan Lembo, Konawe Utara.

Sawaludin Lakawa, Konut

Matahari baru saja memancarkan cahayanya, tetapi kesibukan di Lapangan Desa Taipa, Kecamatan Lembo, Kabupaten Konawe Utara, telah terlihat. Sejumlah orang tampak sibuk merapikan tampat tamu undangan dan mengetes sejumlah peralatan yang akan digunakan selama upacara seperti sound, dll. Para pelaksana upacara juga telah berada di lapangan. Pagi itu semua persiapan upacara tampaknya sudah mantap.

Sekira 50 mater lapangan upacara di Posko Dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Konut juga terlihat kesibukan kecil. Sang Kadis Kasim Pagala terlihat sedang mempersiapkan diri, mengenakan pakaian adat suku-suku di Nusantara. Kasim Pagala memilih menggunakan pakaian adat dari Minang Kabau. “Kalau pakaian suku Tolaki, Bugis, Bajo, Jawa dan Bali tentu banyak yang mengenakan, saya pakai baju adat Minang Kabau saja biar unik sendiri,” kata Kasim seraya tertawa lepas kepada sejumlah wartawan yang berkunjung di Poskonya pagi itu.

Kasim dan sejumlah pejabat di Konut memang diwajibkan mengenakan pakaian adat suku-suku di Nusantara pada upacara HUT Konut. Itu merupakan cara Bupati Konut, Ruksamin merawat keragaman budaya yang ada di Nusantara, termasuk di Konawe Utara. Selain para pejabat mengenakan pakaian adat, para peserta upacaranya pun melibatkan sejumlah paguyuban yang ada di Konawe Utara. Keterlibatan itu dikemas dengan menggelar Parade Budaya sesaat sebelum upacara HUT Konut dimulai. Peserta parade berasal dari Lembaga Adat Tolaki, KKSS, Persatuan Buton-Muna di Konut, Bajo, Jawa, Bali, NTT dan NTB. Selain itu, parade juga diikuti utusan dari berbagai kecamatan, dan karang taruna.

Para peserta parade tak hanya mengenakan pakaian adat daerah asalnya masing-masing, tetapi juga menunjukkan tarian daerahnya ketika melintas di hadapan Bupati Konut dan sejumlah tamu undangan. Tampak diantara tamu undangan yakni, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh, Danrem 143 Halu Oleo, dan sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sultra dan Pemkab Konut serta anggota Forkompimda Konut. Yang menarik upacara tersebut juga diikuti ratusan wisatawan asal Korea Selatan.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top