Space Iklan
Pariwara
Kolaka Timur

Layanan RSUD Koltim Harus Ditingkatkan

KUSDIN/KENDARI POS
Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah ketika melihat langsung pelayanan dan penyediaan fasilitas di RSUD, rabu (3/1)

KENDARIPOS.CO.ID — Pembenahan infrastruktur dan peningkatan layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolaka Timur (Koltim) saat ini mulai dimaksimalkan. Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah terus memantau perkembangan pelayanan paramedis di rumah sakit milik daerah itu. Rabu (3/1), Koltim-1 itu kembali melakukan pengecekan di RSUD yang bertempat di Kelurahan Welala, Kecamatan Ladongi. Ia melihat pelayanan dan sejumlah alat kesehatan, pembangunan perumahan dokter dan lingkungan rumah sakit.

“Sejauh ini sudah lebih maju dari tahun sebelumnya. Kami apresiasi kinerja Kepala RSUD yang mampu merealisasikan pelayanan pada masyarakat. Kami juga minta terus lakukan pembenahan infrastruktur dan pengadaan tenaga kesehatan,” kata Tony, rabu (3/1). Dia juga memuji karena sudah banyak alat-alat kesehatan, tempat tidur pasien, obat-obatan dan lainnya. Semua sudah cukup memadai dan mulai ditata lebih baik. Hal tersebut menjadi langkah positif dalam persiapan akreditasi rumah sakit.

“Semua sektor, mulai kesehatan, pendidikan dan pertanian menjadi prioritas pengembangan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya. Menurut Tony, RSUD merupakan sentra pelayanan kesehatan yang paling banyak didatangi. Sebab jika paramedis di Puskesmas tak sanggup melakukan penanganan, maka akan dirujuk ke rumah sakit. Makanya, semua harus difasilitasi sesuai dengan standar rumah sakit pada umumnya.

“Saya minta semua dilengkapi. Dokter ahli juga akan ditambah sesuai kebutuhan rumah sakit. Jadi ke depan kita usahakan RSUD sudah bisa terakreditasi. Kita sudah porsikan sesuai dengan aturannya pembagian 10 persen dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Pemkab Koltim untuk kebutuhan kesehatan” tandasnya. Kadis Kesehatan Koltim, Hanari, mengakui, saat ini pelayanan kesehatan di RSUD memang terus dibenahi. Tak hanya sarana dan prasarana tetapi sumber daya manusia (SDM) juga diupayakan bisa profesional dalam bekerja. “Bukan hanya di RSUD, tapi juga pada 12 Puskesmas di kecamatan yang ada,” timpalnya.

Di tempat yang sama, Kepala RSUD Koltim, Abdul Munir Abubakar, membenarkan, pihaknya kian berbenah. “Agar pelayanan kesehatan pada masyarakat Koltim bisa terjamin dengan baik. Untuk saat ini, fasilitas dalam RSUD sudah jauh lebih maju dari sebelum kabupaten ini mekar. Ketersediaan tenaga medis juga perlahan dilengkapi. Terutama ahli bedah dan lainnya. Kami belum bisa melakukan operasi berat. Harus dirujuk ke rumah sakit Konawe atau Kendari,” tandasnya. (b/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top