Pariwara
Konawe Utara

LAT Konut Usul Bahasa Tolaki Jadi Mata Pelajaran

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam perjalanan masa, budaya Tolaki dinilai terus mengalami degradasi. Salah satu contoh kecil adalah bahasa daerah yang menjadi identitas namun sudah jarang digunakan dalam berbahasa di lingkungan keluarga maupun kehidupan sehari-hari. Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Adat Tolaki (LAT), Masyhur Masie Abunawas, usai mengukuhkan pengurus DPD LAT Konawe Utara (Konut), Rabu (3/1).

“Bahasa daerah Tolaki jarang digunakan di kalangan remaja dalam komunikasi setiap hari. Bahasa daerah dikalangan generasi muda seperti saat ini harus ditumbuhkan untuk melestarikan bahasa daerah, termasuk budaya dan seni seperti tarian lulo,” ujar mantan wali kota Kendari itu, rabu (3/1).

Makanya ia meminta pengurus LAT Konut yang telah dikukuhkan untuk mengusulkan bahasa daerah Tolaki dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah. “Ini yang menjadi tanggung jawab bersama bagaimana bahasa daerah Tolaki masuk sebagai mata pelajaran di Sultra. Ini dilakukan untuk melestarikan budaya kita agar tidak terkikis oleh zaman,” ujar Masyhur Masie Abunawas.

Sejak Konut memasuki usia 11 tahun, ia mengaku, baru kali ini pengukuhan LAT Konut terlaksana. Sementara itu Ketua DPD LAT Konut, Ruksamin, sangat bersyukur ditunjuk sebagai pimpinan organisasi tersebut. “Saya sangat terharu seluruh keluarga besar pengurus adat di Konut hadir dengan menggunakan baju adat sebagai lambang kebesaran. Begitupun dengan etnis lainnya yang ada di Konut. Sehingga saya meminta seluruh orang tua di Konut untuk bersama-sama membangun daerah,” ujar pasangan Raup itu.

Ketua DPW PBB Sultra tersebut mengaku, jika dari sisi usia, ia masih sangat muda untuk memimpin LAT Konut. Namun tanggung jawab yang diberikan oleh adat, maka harus dilaksanakan. “Kami meminta tokoh adat yang telah memberikan mandat untuk memimpin LAT, bersama membangun budaya di Konut,” pintanya. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top