Heboh ! Pemulung Temukan Tiga Granat di Baruga – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Heboh ! Pemulung Temukan Tiga Granat di Baruga

GRANAT : Kapolres Kendari AKBP Jemi Junaidi menunjukkan lokasi penemuan granat di Kecamatan Baruga, Rabu (3/1) petang. Meski granat tidak aktif, namun dapat membahayakan warga. Foto : ADWIN BARAKATI / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Yusuf, seorang pemulung menemukan 3 granat nanas, Rabu (3/1/1017). Temuan Yusuf itu membuah heboh warga BTN Latjinta II Kelurahan Baruga. Dia baru pulang dari mencari besi tua dan membawa granat. Semula dia tak menyangka jika benda tak berbahaya. Temuan Yusuf itu diketahui bosnya bernama Hartati, yang biasa membeli besi tua. Hartati kaget melihat 3 granat yang dibawa Yusuf. Untuk memastikan keamanan warga sekitar, Hartati meminta anaknya membawa granat ke tetangganya yang juga anggota polisi. “Saya suruh anakku bawa (granat) ke Sapri, seorang polisi. Tetapi Sapri langsung melaporkan ini ke kantornya,” kata Hartati, Rabu (3/1) sore.

Yusuf mengaku membeli granat itu dari seorang warga di Boro-boro Kecamatan Ranomeeto, Konawe Selatan (Konsel) saat sedang mencari besi tua. Saat itu, Yusuf sedang menimbang besi tua yang dibelinya namun ditawarkan untuk ikut membeli granat tersebut karena dianggap besi tua juga. “Awalnya saya kaget, namun karena sudah terlanjur, saya bawa saja. Itupun saya diyakinkan sama pemilik granat itu bahwa sudah tak aktif,” ungkap Yusuf saat ditemui, kemarin.

Pihak Polres Kendari yang mendapat informasi adanya granat tersebut langsung datang ke tempat kejadian. Saat polisi datang, tiga granat itu sudah diletakan di tanah depan rumah Hartati di BTN Latjinta Kelurahan Baruga. Polisi langsung mengamankan lokasi dan memasang police line sembari menunggu pihak TNI.

Kapolres Kendari AKBP Jemi Junaidi yang turun langsung ke lapangan mengundang Komandan Detasemen Peralatan Kendari untuk melakukan identifikasi 3 granat tersebut. “Karena ini milik pabrikan TNI, maka kami undang TNI,” ujar AKBP Jemi Junaidi. Komandan Detasemen Peralatan (Dan Denpal) Letkol Cpl Suwatji hadir bersama anak buahnya. Mereka langsung melakukan olah TKP. Berdasarkan hasil olah TKP, Letkol Cpl Suwatji menuturkan granat tersebut sudah tak aktif. Namun, kata dia, tetap berbahaya. Untuk kepentingan penyelidikan, maka dia membawa ke markasnya. Dia menyebutkan, granat ini akan diselidiki dan dikoordinasikan dengan Polres Kendari. “Kami bawa dulu, untuk didalami secara teknis. Daya ledak granat semacam ini , beradius 25 meter. Meski ini tidak aktif tapi tetap berbahaya, makanya kami akan bawa. Soal akan diledakan atau tidak, itu nanti kami pikirkan,”bebernya. (ade/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top